pulsa-logo

Smartphone 5G Pertama Google Siap Meluncur 15 Oktober?


Nariswari

Kamis, 10 Oktober 2019 • 15:32

Smartphone 5G Pertama Google Siap Meluncur 15 Oktober


ilustrasi/doc PULSAilustrasi/doc PULSA

Google dikabarkan akan meluncurkan smartphone andalan terbarunya, yakni Google Pixel 4 yang akan diluncurkan pada 15 Oktober 2019. Selain varian 4G, Google juga akan mengungkap varian 5G dari smartphone ini di acara yang sama.

Informasi yang diperoleh dari Nikkei Asia tersebut menyebutkan bahwa jika kabar ini benar, maka Google akan “mengalahkan” dua OEM yang berbasis di AS yang merupakan tandingan Google yakni Apple dan Microsoft yang baru-baru ini kembali memasuki pasar smartphone dengan  memperkenalkan Microsoft Surface Duo.

Menurut sumber itu, Google telah mulai menguji produksi smartphone 5G pertamanya yang saat ini sedang berlangsung di China. Namun, dengan mempertimbangkan perang dagang yang diterbitkan oleh AS ke Huawei (dan ini tentunya berkaitan langsung ke hubungan AS dan China yang menjadi tegang), maka  Google pada akhirnya akan mendirikan unit manufaktur di luar China. Pilihan utama untuk lokasi ini adalah fasilitas industri yang berlokasi di Vietnam. Lokasi tersebut saat ini sedang dibangun dan akan siap pada akhir tahun ini.

Google Pixel 4 5G  kelak akan menjadi smartphone 5G pertama Google dan akan tersedia secara komersial pada musim semi 2020. Dengan demikian, handset 5G tersebut akan mulai dijual di pasar global  antara 1 Maret - 31 Mei tahun depan. Pada saat peluncuran komersialnya, Google kabarnya juga akan memperkenalkan varian dari Pixel 4 yang dibanderol lebih terjangkau. Smartphone tersebut akan dinamakan sebagai Google Pixel 4A.

Google Pixel 4 5G akan dilengkapi dengan platform chipset seluler Qualcomm Snapdragon 855, namun belum diketahui detail spesifikasi dan fitur kunci lainnya dari smartphone ini. Sayangnya, hingga saat ini Google masih belum memberikan konfirmasi terkait jadwal peluncuran Google Pixel 4 5G. (*)

Sumber