pulsa-logo

Diprediksi Penjualan Ponsel 5G akan Lampaui 1 Miliar Unit di 2025


Nariswari

Kamis, 10 Oktober 2019 • 15:37

Diprediksi Penjualan Ponsel 5G akan Lampaui 1 Miliar Unit di 2025


ilustrasi (odc PULSa/istimewa)ilustrasi (odc PULSa/istimewa)

Menurut sebuah analisa terbaru yang diterbitkan oleh  Strategy Analytics, pertumbuhan perangkat 5G akan memiliki awal yang agak lambat hingga akhir tahun 2019. Namun akan lepas landas pada tahun 2020. Mereka percaya bahwa ponsel 5G akan mencakup hampir setengah dari seluruh penjualan ponsel global dalam kurun lima tahun ke depan.

Dikutip PULSA dari Gizchina, Ken Hyers (Direktur Strategy Analytics), mengatakan  bahwa Korea Selatan saat ini memimpin kompetisi 5G, tetapi pasar China tampaknya memiliki ambisi besar untuk dengan cepat menjadi pemimpin 5G global. Kemampuan untuk menyediakan smartphone 5G yang dibanderol dengan harga yang terjangkau di pasar China, tentunya sangat penting bagi China untuk mencapai tujuan tersebut.

Sementara itu Ville-Petteri Ukonaho (Vice Director  Strategy Analytics) menambahkan bahwa meskipun pertumbuhan penjualan perangkat 5G akan dimulai sangat lambat hingga di akhir 2019, namun popularitas smartphone 5G akan lepas landas dengan cepat di beberapa tahun ke depan.

Hal ini disebabkan oleh karena beberapa faktor. Semakin banyaknya pilihan smartphone 5G yang harga banderolnya terjangkau, dan semakin matangnya kesiapan jaringan 5G yang tersedia di seluruh dunia. Maka di sinilah penjualan ponsel 5G akan terus meningkat. Diprediksi pada tahun 2025, penjualan ponsel 5G akan melebihi 1 miliar unit.

Perangkat 5G pertama yang menyambangi pasar global memang masih menjadi perangkat kelas atas. Akan tetapi pada akhir tahun 2020, akan ada lebih banyak perangkat kelas menengah 5G yang beredar di pasar global, terutama di China.

Strategy Analytics memperkirakan bahwa penjualan perangkat 5G akan mencapai kurang dari 1% dari total penjualan pada tahun 2019. Namun, pada tahun 2020 akan mendekati 10%. Hingga saat ini, merek smartphone 5G terdepan yang dijual di pasar global  adalah Samsung. Menurut Ville -Petteri Ukonaho, Samsung telah berhasil mencapai keunggulan di pasar ponsel cerdas 5G di pasar global. Terutama karena penjualan yang kuat di Korea dan dengan memperluas pangsa pasarnya di pasar 5G di Amerika Serikat.

Ken Hyers menambahkan bahwa merek-merek smartphone 5G lainnya akan menyusul dalam waktu dekat antara lain LG , Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.


Namun, kenaikan penjualan smartphone 5G mulai merangkak tajam pada tahun 2020. Di mana semua produsen smartphone besar,  termasuk Apple saat ini sedang mengembangkan ponsel 5G. Mulai 2020, penjualan smartphone  5G akan meningkat tajam di China, AS, negara-negara Asia dan  Eropa Barat lainnya. (*)

Sumber