pulsa-logo

Keren! Gitar Ini Dibuat dari 107 Unit iPhone


Nariswari

Jum'at, 18 Oktober 2019 • 13:25

Gitar Ini Dibuat dari 107 Unit iPhone


Gitar dari iPhone (doc PULSA/Youtube screenshot)Gitar dari iPhone (doc PULSA/Youtube screenshot)

Alat music gitar biasanya terbuat dari kayu. Selain karena sifat akustik alami kayu yang membuatnya menjadi bahan yang ringan, juga lebih mudah dibentuk sedemikian rupa. Namun, ini bukan berarti bahwa bahan lain tidak dapat digunakan.  Itulah yang kemudian mengispirasi sebuah studio workshop alat musik bernama Art Mayer yang membuat gitar yang disebut “iCaster”, yang dibangun dari 107 unit iPhone!

Sesuai dengan namanya, iCaster adalah gitar yang berbentuk seperti gitar model Telecaster tetapi dibuat sebagian besar dari iPhone, atau tepatnya ada 107 unit iPhone bekas yang dibutuhkan.

Art Mayer menjabarkan secara detail  tentang gambaran proses pembuatan gitar iCaster via Youtube. Beberapa unit iPhone ada yang direkatkan dengan lem super, ketebalan gitar dibuat dari sekitar empat iPhone yang semuanya direkatkan sebelum dihaluskan, dipotong/ digerinda, dibuang beberapa komponen dan chip dalamnya, dan dihaluskan.

Art Mayer kemudian menambahkan balok kayu mahoni, menambahkan bridge gitar Telecaster, sepasang pickup gitar koil tunggal, dan membuat sentuhan finishing ke gitar listrik yang dapat  berfungsi penuh.

Menurut Mayer, iCaster adalah gitar yang unik dan agak “aneh”. Penggunaan unit iPhone benar-benar memberikan banyak frekuensi tinggi, terlepas dari kenyataan bahwa blok penahan gitar terbuat dari kayu mahoni dan beberapa bahan lain.

Art Mayer selama ini fokus dalam pengembangan dan pembuatan alat musik terutama gitur yang dibangun dari bahan-bahan alternatif. Beberapa waktu lalu, Art Mayer semapt menggegerkan publik, karena membuat gitar dengan bahan dasar Mie Ramen. (*)

Sumber