pulsa-logo

Baru Tahu! Di Prancis Ada Aturan Tak Boleh Mengirim Email ke Karyawan di Luar Jam Kerja


PULSA

Jum'at, 18 Oktober 2019 • 16:07

Di Prancis Ada Aturan Tak Boleh Mengirim Email ke Karyawan di Luar Jam Kerja


ilustrasi/doc PULSAilustrasi/doc PULSA

Tahukah Anda bahwa di Prancis, mengirim email ke karyawan setelah jam kerja dan hari libur bisa dianggap illegal. Aturan ini dimaksudkan untuk membantu mendorong keseimbangan antara kerja dan kehidupan, di mana akan memberi wakttu seseorang untuk istirahat dari pekerjaan dan berkonsentrasi pada keluarga, teman, dan hobi mereka, tanpa harus merasa berkewajiban untuk menanggapi email dari atasan atau kolega.

Sayangnya, seorang mantan aktris Singapura berusia 44 tahun, Sharon Au, yang telah pensiun dari bisnis pertunjukan dan bekerja di Paris, Prancis selama setahun terakhir, tampaknya dia tidak mengetahui adanya memo (aturan) itu. Selama wawancara baru-baru ini dengan stasiun radio Cina Singapura, 96,3 FM, Au berbagi beberapa pengalamannya bekerja di Paris.

Salah satu pengalaman itu menyebabkan dirinya dilaporkan ke departemen SDM perusahaannya dua kali karena mengirim email ke rekan-rekannya setelah jam kerja resmi. Kejadian pertama bagian SDM dengan lembut mengingatkan Au tentang aturan komunikasi di luar jam kerja resmi. Nah, mungkin pad aperingatan kedua Anda berpikir bahwa SDM akan memperingatkan Au dengan keras, tapi malah sebaliknya.  

Menurut Au, pada kejadian kedua, bagian SDM akhirnya malah mendorongnya untuk menemukan beberapa hobi di luar pekerjaan, seperti yoga bahkan dia juga diberikan tiket film sehingga dia akan memiliki kehidupan di luar pekerjaan. (*)

Sumber via