pulsa-logo

Pilah Pilih Smart Band Terjangkau, Antara Mi Band 4 dan Honor Band 5


PULSA

Jum'at, 18 Oktober 2019 • 16:43

Mi Band 4 vs Honor Band 5


Honor Band 5 dan Mi Band 4Honor Band 5 dan Mi Band 4

Smart band atau gelang pintar merupakan perangkat yang ideal buat Anda yang baru memulai untuk berolahraga Anda. Disamping harganya yang lebih terjangkau fiturnya pun cukup mumpuni untuk mantau kondisi kesehatan.

Di pasaran, banyak beredar merek smart band. Namun untuk kali ini, kami akan menguji dua merek yang sudah dikenal cukup baik untuk produk smart band, Honor dan Xiaomi. Dua merek ini sangat kompetitif, baik dari harga maupun fitur yang ditawarkan. Kedua merek ini juga termasuk dalam lima besar pemengang pangsa pasar untuk kategori smart band.

Honor Band 5 (atas) dan Mi Band 4 (bawah)Honor Band 5 (atas) dan Mi Band 4 (bawah)

Nah, jika Anda kebetulan sedang mencari smart band, kami mambandingkan tiga produk yang kami anggap cukup popular pada saat ini yakni Xiaomi Mi Band 3, Mi Band 4 dan Honor Band 5. Berikut ulasannya.

Disain dan Layar

Dibandingkan Mi Band 4  dan Honor Band 5, Mi Band 3 terasa lebih tertinggal. Setidaknya untuk penggunaan layar dimana Xiaomi Mi Band 3 hanya dibekali tipe OLED monokrom. Harganya memang lebih murah, namun jika Anda punya budget sedikit lebih, mending jatuhkan pilihan pada Honor Band 5 atau Mi Band 4.

alasannya, kedua band ini telah dilengkapi dengan layar warna AMOLED dan juga punya ukuran layar yang sama 0,9 inci. Jadi, tampilannya lebih segar dan tak bosan dilihat.


Layar Amoled di Honor Band 5 dan Mi Band 4Layar Amoled di Honor Band 5 dan Mi Band 4

Jadi, sekarang kita ulas Honor Band 5 dan Mi Band 4. Untuk disain, Honor Band 5 menurut kami terlihat lebih baik, sebab layarnya tampak melengkung dan mengikuti lingkar lengan. Berbeda dengan MI Band 4 yang permukaan layarnya datar, sehingga terlihat lebih bongsor.

Keduanya sama-sama menggunakan bahan silicon untuk strap atau tali. Bedanya, kepunyaan Honor Band 5 memiiki mekanisme pengunci mirip jam tangan, sementara untuk Mi Band 4 menggunakan metode mirip kancing. Jika Anda bosan dengan strap bawaan, strap pada kedua band ini dimungkinkan untuk digonti-ganti.  

Satu lagi keunggulan Honor Band 5 dari segi disain pada saat saat pengecasan. Mengisi ulang baterai untuk Honor Band 5 tak perlu repot melepas perangkat dari strap, cukup ditempelkan pada dongle-nya saja. Berbeda dengan MI Band 4 yang mengharuskan Anda melepas perangkat dari tali, dan menghubungkannya ke charger. Di sini Honor Band 5 jelas lebih simple.

Untuk ketahanan, Honor Band 5 dan Mi Band 4 sama-sama memiliki fitur tahan air. Anda tak perlu takut menggunakannya untuk berenang.

Honor Band 5 Lebih Unggul dengan 10 Jenis Olahraga

Pelacak kebugaran dan olahraga merupakan fitur standar pada smart band. Fitur ini bisa memantau hasil latihan dan target pembakaran kalori yang ingin dicapai pengguna. Sementara fitur kebugaran akan membantu mengingatkan Anda untuk bergerak jika dirasa terlalu banyak duduk atau diam oleh perangat.

Untuk fitur olahraga atau latihan, Honor Band 5 mendukung 10 kegiatan baik di luar ruang, dalam ruang sampai renang. Ke-sepuluh kegiatan tersebut diantaranya; Outdoor Running, Indoor Running, Outdoor Walking, Indoor Cycling, Swimming Pool, Free Training, Indoor Walking, Rowing Machine, dan Eliptical Machine. Sementara fitur olahraga yang dimiliki oleh Mi Band 4 hanya 6 jenis saja.

Ada fitur pengukur oksigen dalam darah

Fitur pendeketeksi detak jantung sudah lazim ada pada smart band. Baik Honor Band 5 maupun MI Band 4, keduanya memiliki fitur ini. Sayangnya Mi Band 4 tidak memiliki fiturpengukur oksigen dalam darah. Fitur pengukur oksigen dalam darah ini jadi keunggulan yang Honor Band 5.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika kadar oksigen dalam darah menunjukan angka dibawah 80 mmHg (rendah), maka akan mengalami hipoksia. Kondisi tubuh dengan kadar oksigen dalam darah terdeteksi rendah, maka akan akan mengganggu kesehatan.

FiturFitur

Ketahanan baterai

Di atas kertas, kapasitas baterai Mi Band 4 sedikit lebih besar ketimbang Honor Band 5 dengan 135 mAh vs 100 mAh. Honor Band 5 diklaim mampu bertahan dalam kondisi normal selama 2 minggu untuk satu kali pengecasan sedangkan Mo Band 4 diklaim bisa bertahan hingga 20 hari.

Meski demikian, wakt pengecasan Mi Band 4 menjadi lebih lama, sekitar 1 jam lebih 15 menit. Sedangkan uuntk Honor Band 5 maksimal cukup 1 jam saja. Nah karena disain charger yang lebih simple mengisi ulang Honor Band 5 ini akan lebih mudah.

Kesimpulan

Untuk fitur standar, kedua smart band ini sama-sama bisa diandalkan. Namun, pertimbangan kami lebih condong ke Honor Band 5. Alasannya disain lebih menarik, lebih simple dan juga punya fitur olahraga yang lebih lengkap. Fitur Sp02 atau pengukur kadar oksigen dalam darah juga menjadi keunggulan Honor Band 5 yang lumayan diperlukan.(*)