pulsa-logo

2020, MediaTek Bakal Luncurkan Chipset 7nm dan Mendukung 5G untuk Kelas Menengah


Nariswari

Rabu, 23 Oktober 2019 • 14:35

chipset mediatek 5G untuk kelas menengah,chipset,mediatek,5G,mediatek 5G


ilustrasi (doc GSMArena)ilustrasi (doc GSMArena)

MediaTek telah memperkenalkan modem Helio M70 5G pada bulan Mei 2019 silam, tetapi publik masih menunggu peluncuran resmi chipset  yang dibangun pada proses FinFET 7nm. Dan kemarin (22/10) sebuah kabar yang berasal dari China menyebutkan bahwa pabrikan chipset yang berbasis di Taiwan tersebut berencana untuk memproduksi processor 7nm SoC lagi. Akan tetapi kali ini akan menyasar segmen smartphone kelas menengah yang mendukung konektivitas 5G,  dengan harga banderol yang lebih terjangkau. Dan tentunya akan dijual untuk pasar global.

Menurut bocoran informasi yang dibagikan oleh situs MyDrivers, arsitektur chipset terbaru MediaTek tersebut kurang lebih sama dengan MT6885, tetapi ukuran chipset terbaru tersebut akan lebih kecil dan dibanderol lebih murah.

Produksi massal chipset tersebut akan dimulai pada Q2 2020, yang berarti ketersediaan pasar berada pada kuartal ketiga tahun depan.

Ketika MediaTek selesai mengembangkan platform tersebut, maka diprediksi MediaTek akan beralih ke proses EUV 6nm TSMC, yang akan menjadi produk EUV pertama untuk MediaTek. Ada empat desain secara total, semuanya akan lebih fokus dengan peningkatan CPU dan GPU.

Penelitian dan pengembangan proses EUV 6nm  akan dilakukan pada Q3 2020, dan memulai produksi massal dalam waktu dua belas bulan setelahnya.

MediaTek menargetkan akan meningkatkan penjualan sekitar 100 juta chipset pada sepanjang tahun 2020, dan setengah dari penjualan chipset tersebut adalah MT6885 dan MT6873. (*)

Sumber