pulsa-logo

Fitur Apple Watch Ini Bantu Selamatkan Nyawa Seseorang Saat Jatuh dari Tebing


Nariswari

Kamis, 24 Oktober 2019 • 13:36

Apple Watch Selamatkan Nyawa Seseorang Saat Jatuh dari Tebing


Tim Cook pada saat mengenalkan fitur Fall Detection (Doc Ubergizmo)Tim Cook pada saat mengenalkan fitur Fall Detection (Doc Ubergizmo)

Salah satu fitur baru yang diperkenalkan Apple di Apple Watch Series 4 adalah “Fall Detection” atau fitur yang dapat mendeteksi gerakan tidak wajar atau jatuh si pengguna. Fitur ini, sesuai namanya, dirancang untuk mendeteksi kapan seseorang jatuh, dan jika orang itu tidak merespons tepat waktu, maka Apple Watch Series 4  akan secara otomatis memanggil layanan darurat atas nama mereka. Fitur ini juga dirancang untuk pengguna lanjut usia yang mungkin terpeleset dan terjatuh di bak mandi.

Namun, fitur Fall Detection ini tampaknya  lebih dari bermanfaat daripada sekadar mendeteksi jatuh di kamar mandi, untuk James Prudenciano. Seorang pria bernama James Prudenciano suatu hari mengalami kejadian naas. terjatuh dari tebing saat mendaki. Kejadian tersebut membuatnya mengalami patah tulang punggung.

Berbicara dalam sesi wawancara  dengan stasiun televisi lokal di Amerika Serikat, News 12 New Jersey, Prudenciano sangat berterima kasih dengan fitur Fall Detection di Apple Watch Series 4  yang telah menyelamatkan nyawanya.

Setelah Apple Watch Series 4 mendeteksi gerakan jatuh si pengguna, smartwatch tersebut kemudian berhasil meminta bantuan di mana ia dan rekan pendakiannya berhasil menemukan Prudenciano. Tim penyelamat naik perahu untuk menyelamatkannya, dan mereka segera membawa  Prudenciano untuk mendapatkan pertolongan layanan darurat.

Ini sebenarnya bukan pertama kalinya kita mendengar tentang fitur Fall Detection di Apple Watch Series 4  yang telah menyelamatkan nyawa penggunanya. Sebelumnya, Apple Watch menyelamatkan nyawa seorang wanita penderita epilepsi yang jatuh, dan fitur ini juga pernah  membantu tim paramedis menemukan korban kecelakaan sepeda.

Namun, perlu dicatat bahwa fitur Fall Detection hanya diaktifkan secara default jika Anda berusia di atas batas usia tertentu. Bagi pengguna Apple Watch Series 4 yang berusia muda perlu mengaktifkannya secara manual, tidak default. (*)

Sumber