pulsa-logo

OPPO Reno2 Punya Kamera Canggih, Gimana Hasil Fotonya?


Hairuddin

Kamis, 24 Oktober 2019 • 16:54

Ini Hasil Jepretan OPPO Reno2, OPPO Reno2, Harga OPPO Reno2, Ini Keunggulan OPPO Reno2, Kemampuan Kamera OPPO Reno2, OPPO Reno2 Experience Malang, Review OPPO Reno2, ColorOS OPPO, 5x Hybrid Zoom Reno2, Ultra Dark Mode Reno2, Ultra Steady Video OPPO Reno2, Video Bokeh OPPO Reno2


OPPO Reno2OPPO Reno2

Sukses menghadirkan smartphone Quad Camera di Seri A (OPPO A5 2020 dan A9 2020), OPPO langsung tancap gas dengan mengenalkan duo smartphone 4 kamera terbarunya yakni Reno2 Series.

Ada dua model perangkat di seri ini, OPPO Reno2 dan Reno2 F. Untuk Reno2 F sendiri, PULSA sudah mengujinya secara mendalam. Untuk yang penasaran dengan Reno2 F, bisa mengintipnya di link berikut.

Sementara Reno2 sendiri baru akan tersedia secara luas baik online maupun offline pada 30 Oktober mendatang. Perangkat ini hadir dengan fokus utama pada urusan fotografi, yang ditandai dengan hadirnya Quad Camera berkonfigurasi 48MP kamera utama yang menggunakan sensor Sony IMX586 dan disokong Optical Image Stabilization, aperture F1.7, dan sensor 1/2-inci bersama dengan teknologi Quad Bayer, NPU kuat dan algoritma terbaru OPPO yang dikombinasikan dengan AI noise reduction.

Kamera kedua dari Reno2 ini memiliki kekuatan 13MP (telephoto) dengan bukaan lensa f/2.4, kamera  ketiga 8MP (wide angle) yang punya aperture f/2.2 dan sanggup menghasilkan foto wide angle dengan sudut hingga 116 derajat. Kamera ketiga ini juga memiliki fungsi Macro dengan jarak bidikan sekitar 2,25 cm. Terakhir adalah kamera 2MP (Mono lens) dengan aperture f/2.4 untuk menghasilkan foto monokromatik.

Untuk tampilan menu dan viewfinder kamera, Reno2 menyuguhkan karakteristik khas OPPO yang terintegrasi pula dengan antarmuka ColorOS. Semua fungsi dan fitur kamera bisa dijumpai dan ditelusuri dengan mudah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, OPPO Reno2 ini menawarkan keunggulan utama di sektor kamera. Berdasarkan catatan PULSA, setidaknya ada 6 poin penting yang digadang-gadang sebagai kunci utama kemampuan kamera OPPO Reno2 ini.

Pertama adalah 5x Hybrid Zoom. Berbeda dengan teknologi serupa yang banyak diterapkan smartphone lain, kemampuan Hybrid Zoom di Reno2 ini mengkombinasikan hampir semua sensor kamera yang ada, terutama Wide Angle lens, Main lens dan Telephoto lens. Bahkan, kemampuan memperbesar target foto di kamera Reno2 pun mendukung 20x Digital Zoom.


Kemampuan kedua dari kamera perangkat ini yaitu Ultra Dark Mode. Fitur ini merupakan hasil optimalisasi dari NPU hardware yang dibawa Reno2. Saat kondisi light brightness kurang dari 5 Lux, Ultra Dark Mode akan otomatis aktif untuk menangkap cahaya dan menyebarkannya dengan merata untuk menhasilkan jepretan low light yang kece.

Ketiga adalah Ultra Steady Video. Tidak seperti pada Reno2 F yang hanya mengandalkan gyro-EIS, di Reno2 juga dikombinasikan dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dengan 800 mhz gyroscope. Kolaborasi ini sanggup menghasilkan rekaman video yang bebas guncang (goyang) meski direkam dalam kondisi bergerak.

Kunci utama keempat dari kemampuan kamera Reno2 adalah Video Bokeh. Fitur ini cukup keren karena berlaku tidak hanya untuk kamera belakang, tapi juga untuk kamera depan. Bahkan, kemampuan ini juga dilengkapi dengan Live bokeh adjustment. Saat akan membuat video bokeh, pengguna bisa mengatur tingkat ‘blur’ dengan menggeser toggle bar yang muncul saat opsi bokeh dipiih.

Nah..kemampuan berikutnya yang ditawarkan Reno2 adalah hadirnya fitur editing video yang langsung terintegrasi dengan galeri video, yakni Soloop Smart Video Editor. Fasilitas gratis ini sudah built-in di Reno2 Series dan eksklusif diagrap oleh OPPO. Menariknya, Soloop dilengkapi beragam template video, filter, musik dan juga bisa menambahkan subtitle. Pengguna juga bisa dengan mudah melakukan pemotongan klip video lewat opsi Trim.

Soloop Smart Video EditorSoloop Smart Video Editor

Terakhir adalah Ultra Macro Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna menghasilkan foto jarak dekat dengan rentang hingga 2,25 cm. OPPO mengklaim, jarak ini merupakan yang paling kecil yang dimiliki kamera smartphone.

Untuk yang penasaran dengan hasil kamera OPPO Reno2 ini, PULSA kebetulan mendapatkan kesempatan untuk melakukan experience Reno2 yang dilakukan di Malang, 23-25 Oktober 2019.

Mode normalMode normal

Mode Ultra WideMode Ultra Wide

Mode MacroMode Macro

Mode macroMode macro

Mode Ultra NightMode Ultra Night

Mode Ultra NightMode Ultra Night

Mode Ultra DarkMode Ultra Dark

Sebagai informasi, OPPO Reno2 sendiri hadir dalam dua pilihan warna yakni Luminous Black dan Sunset Pink dengan 8GB RAM dan 256GB ROM. Untuk harga, smartphone ini dibanderol Rp 7.999.000.(Udn)