pulsa-logo

OmniVision OV6948, Modul Kamera Terkecil di Dunia Berukuran Sebutir Pasir


Nariswari

Jum'at, 25 Oktober 2019 • 13:14

modul kamera terkecil di dunia buatan omnivision


Kamera terkecil, imga credit: omnivision/ doc UbergizmoKamera terkecil, imga credit: omnivision/ doc Ubergizmo

Kamera yang tercipta di seluruh dunia, datang dalam segala bentuk dan ukuran. Beberapa dari kamera memang didesain memiliki dimensi yang besar, di mana mereka digunakan untuk mengambil gambar hi-res, sementara ada juga kamera yang memiliki bentuk yang agak kecil di mana mereka memang diperuntukkan ke perangkat seperti smartphone. Namun pernahkah Anda bayangkan, bahwa kemudian ada beberapa kamera yang bahkan memiliki ukuran yang teramat kecil, bahkan tak lebih dari sebutir pasir? Ternyata ada!

Kamera tersebut dinamakan OmniVision OV6948. Dan memang ukurannya teramat kecil. Kamera ini digunakan untuk keperluan medis.

Apa yang membuat kamera khusus ini begitu istimewa? Selain spesifikasi teknisnya, ya tentu saja adalah ukurannya yang hanya sebesar butiran pasir! OmniVision OV6948 memiliki ukuran 0,575 x 0,575 x 0,232mm dan mampu menghasilkan gambar berwarna 40.000 piksel dengan chip RGB-back-side-illuminated RGB Bayer, yang sangat tajam.

OmniVision OV6948 jelas bukan kamera yang dirancang untuk fotografi atau untuk dibenamkan di  smartphone, melainkan untuk penggunaan medis. Karena ukurannya, di mana kamera ini  bisa dipasang ke alat bedah yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh untuk operasi. Sebelumnya, operasi tertentu hanya bergantung pada skill dokter ahli bedah dan bergantung pada apa yang telah mereka pelajari dan melalui pengalaman pribadi saat membedah organ.

Namun, dengan bantuan kamera, dokter ahli bedah akan dapat melihat secara detail dan lebih jelas apa yang mereka kerjakan. Ukuran kamera dan konsumsi daya yang rendah juga akan membantu menghasilkan lebih sedikit panas, yang berarti bahwa saat kamera ini masuk ke tubuh pasien, akan meminimalisir ketidaknyamanan pasien. (*

Sumber