pulsa-logo

Mengintip Konsep Delivery Kitchen GrabFood


Hairuddin

Senin, 04 November 2019 • 13:36

GrabFood, GrabKitchen, Konsep Delivery Kitchen GrabFood, Layanan Pengiriman Makanan, Ini Konsep GrabKitchen


GrabFoodGrabFood

Saat ini, pangsa pasar pengiriman makanan secara instant yang ditawarakan oleh layanan ride sharing seperti GrabFood, GoFood dan sejenisnya mengisi sekitar 1,3% dari total pasar makanan di Asia Tenggara.

Masyarakat juga tidak asing lagi dengan pemandangan serombongan kurir kiriman makanan dengan jaket hijau yang khas menunggu pesanan mereka disiapkan, mulai dari warung pinggir jalan hingga kafe di mal yang mentereng.

“Laporan riset Google-Temasek terbaru menyebut bahwa nilai sektor pengiriman makanan di Asia Tenggara meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun, dan diproyeksikan akan melewati USD 20 miliar pada tahun 2025,” kata Kameswara Natakusumah, pengamat teknologi dan bisnis digital di Jakarta.

Pasar makanan Indonesia kini sedang bergerak dipicu persaingan dua pemain utamanya di Indonesia Gojek dan Grab. Di tengah meningkatnya persaingan itu, baik Grab dan Gojek berinvestasi besar-besaran dalam membangun program penghargaan dan loyalitas untuk mengikat dan mempertahankan pelanggan, sementara pada saat yang sama, mengeluarkan diskon dan promo untuk meningkatkan pesanan makanan.

“GrabFood unggul dalam inovasi dan teknologi. ‘Dapur’ mereka sudah bekerja bahkan sebelum konsumen memesan. Maksudnya, dapur teknologi, bukan sekadar dapur tempat memasak makanan,” gurau Kameswara.

“Inovasi teknologi Grab terlihat dalam konsep dapur satelit GrabKitchen. Ini perpaduan antara kolaborasi antar-brand dan kecanggihan teknologi. Dengan konsep dapur delivery only ini, makanan lebih cepat disediakan dan di antar ke konsumen dalam jarak wilayah tertentu. Kurir juga tidak perlu mengantri seperti di restoran biasa. Ini sulit dikejar oleh pesaingnya,” papar Kameswara.  

Data-data kuantitatif mendukung pernyataan itu. Menurut penelitian pasar yang dilakukan oleh Kantar, GrabFood adalah platform pengiriman makanan yang paling sering digunakan di enam negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.


Baru pekan ini, GrabFood mengumumkan bahwa perusahaan itu telah menjadi perusahaan pengiriman makanan terbesar di Indonesia berdasarkan nilai barang bruto (gross merchandise value/GMV), serta meluncurkan menu pesanan berbasis data untuk konsumen dalam kemitraan dengan pedagang. Fokus pada pelokalan inilah yang telah mendorong GrabFood ke posisi terdepan.

“Dari Juni 2018 sampai Juni 2019, GMV GrabFood di Asia Tenggara tumbuh 900%. Pada paruh pertama tahun 2019 saja, Grab menyatakan GMV GrabFood di Indonesia meningkat tiga kali lipat,” ujar Kameswara yang kini mengembangkan ventura rintisan di bidang bioteknologi.

Kameswara menyebutkan, rencana Grab untuk membuka kantor pusat kedua dan pusat aktivitas GrabFood Asia Tenggara di Indonesia yang telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menjadi pondasi penting Grab untuk makin merajai sektor pengiriman makanan di region ini di masa yang akan datang.

Gojek bukannya tinggal diam merespons persaingan yang semakin intens. Perusahaan yang baru ditinggal pendirinya untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mendiseminasi riset Nielsen Singapura yang mengatakan GoFood memimpin pasar pengiriman makanan di Indonesia dengan menguasai 75% pangsa pasar.  

“Dari laporan Google Temasek tadi kita bisa melihat kuenya akan terus tumbuh dan menyediakan ruang persaingan yang semakin luas. Kini GrabFood relatif unggul dan tantangannya adalah mempertahankan keunggulan melalui inovasi,” kata Kameswara.