pulsa-logo

Google Bakal Akuisisi Produsen Smartwatch Fitbit Senilai Rp29,4 Triliun, untuk Apa?


Nariswari

Senin, 04 November 2019 • 15:19

google,gitbit,google akuisis fitbit,jam pintar fitbit,wearable device


Smartwatch Fitbit (image: Fitbit)Smartwatch Fitbit (image: Fitbit)

Sebuah kabar terbaru datang dari perusahaan teknologi raksasa, Google yang saat ini bersiap untuk mengakuisisi Fitbit. Berdasarkan siara pers yang dibagikan ke media, ada “misi besar” dari akuisisi ini. Di mana Google nantinya akan menggarap piranti sandang “Made by Google” sebagai hasil dari langkah akuisisi tersebut.

Google menegaskan kembali komitmennya terhadap platform Wear OS, meskipun sudah bertahun-tahun dirilis ke publik. Namun sejauh ini Google masih belum memperkenalkan  "Pixel Watch". Dan tentunya dengan akuisisi ini, akan memuluskan rencana Google untuk menggarap smartwatch. Namun sejauh ini belum diketahui rencana lebih lanjut. Dan dari pengumuman ini hanya mencakup penandatanganan perjanjian untuk mengakuisisi Fitbit.

Google Alphabet Inc. setuju untuk mengakuisisi Fitbit Inc. sebesar USD$ 2,1 miliar atau setara Rp29,4 triliun dalam bentuk tunai, suatu langkah yang dapat “menopang” bisnis perangkat keras Google dan juga berpotensi meningkatkan pengawasan antimonopoli. Pasca merebaknya kabar akuisisi Google ke Fitbit, saham Fitbit melonjak 16%.

Fitbit telah berjuang untuk bersaing dengan Apple dan perusahaan piranti sandang lainnya di pasar smartwatch. Sahamnya terus merosot dari tahun ke tahun ke USD$ 2,85 per saham di akhir Agustus 2019.

Dengan mengakuisisi Fitbit, akan memberi Google platform baru bersama dengan akses ke lebih dari 27 juta pengguna aktif Fitbit. Fitbit telah menjual lebih dari 100 juta perangkat dan memiliki komunitas global yang aktif dari jutaan pengguna aktif di seluruh dunia.

Alur rencana akuisisi ini cukup jelas, karena fokus Fitbit selama ini adalah pada penggarapan perangkat smartwatch dan smartband untuk pemantau kesehatan. Rencana Google adalah dengan menggabungkan teknologi yang dikembangkan oleh Fitbit dengan teknologi yang dikembangkan oleh Google sendiri di bidang ini. Serta ditingkatkan dengan pengembangan teknologi AI untuk memastikan Anda selalu memiliki berbagai info yang relevan dengan kesehatan  yang tersedia dalam sekejap (real time).

Google juga berjanji untuk “transparan” tentang data apa saja yang dikumpulkan oleh mereka. Selain itu, data dari Fitbit tidak akan digunakan untuk iklan bertarget (advertorial spam). Dan pasca akuisisi,  bagi pengguna Fitbit akan memiliki opsi untuk review, dan kebebasan untuk lebih banyak menghapus data mereka.


Diharapkan, dengan mengakuisisi Fitbit, Google dapat mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang ditingkatkan, untuk pengembangan ekosistem Wear OS. (*)

Sumber