pulsa-logo

Qualcomm Akan Umumkan Snapdragon 865 Bulan Depan


Fauzi

Sabtu, 09 November 2019 • 20:51

Qualcomm,Snapdragon 865


Ilustrasi, Image: IstimewaIlustrasi, Image: Istimewa

Pembesut chipset mobile papan atas, Qualcomm, digadang bakal mengumumkan prosesor flagship terbarunya pada Desember bulan depan.

Mengutip kabar lansiran GizmoChina, Qualcomm disebut telah menjadwalkan ajang tahunan Snapdragon Tech Summit yang akan diselenggarakan dari 3 sampai 5 Desember.

Pada acara yang sedianya akan digelar di Hawaii, Amerika Serikat ini Qualcomm diperkirakan bakal mengungkap teknologi generasi berikutnya, termasuk Snapdragon 865 yang akan digunakan pada smartphone unggulan tahun depan. Tak ayal, kabar ini memupuskan spekulasi perilah peluncuran chipset flagship yang terbaru yang digadang bakal dilakukan bulan November ini.

Snapdragon 865 tidak diragukan lagi bakal menjadi bintang di acara tersebut. Terkait dengan nama Snapdragon 865 sendiri, konon hal itu telah dikonfirmasi ketika sebuah brand mewah di Cina, 8848, mengungkap handset Titanium M6 5G yang diperkirakan akan masuk pasar tahun depan. Jadi, Snadpragon 865 disebut-sebut sebagai penerus dari Snapdragon 855 yang diumumkan di acara yang sama tahun lalu.

Rincian lebih lanjut dari Snapdragon 865 memang belum terungkap. Hanya berdasarkan spekulasi, chipset ini diperkirakan bakal datang dengan mengintegrasikan modem 5G. Konon menurut rumor, chipset unggulan generasi berikutnya dari Qualcomm akan memiliki nomor model SM8250. Selain itu, chipset juga dikabarkan bakal datang dengan dua varian yang menggunakan code name Kona dan Huracan. Kedua varian ini akan memiliki dukungan untuk RAM LPDDR5X dan storage UFS 3.0, serta akan dikembangkan dengan prosesor pabrikasi 7nm FinFet.

Sebagai chip flagship yang akan datang, Snapdragon  865 juga diduga bakal hadir mengusung GPU Adreno yang diperbarui dan core SPU yang baru pula. Qualcomm juga diharapkan bakal menggandakan kemampuan pemrosesan image dan machine learning, dan ini kemungkinan akan menjadi area fokus di Snapdragon 865.

Selain Snapdragon 865, di acara yang akan datang Qualcomm berkemungkinan juga akan mengungkap varian upgrade dari SoC Snapdragon 8cx, chip pertama perusahaan untuk laptop. Sebagaimana diketahui chip Snapdragon 8cx perbama kali diumumkan di Snapdragon Tech Summit 2018 lalu. (Ozi)


(Sumber)