pulsa-logo

MediaTek akan Luncurkan Chipset 5G Pertama di 26 November


Nariswari

Senin, 11 November 2019 • 16:00

Chipset 5G Pertama Mediatek,5G,mediatek,MTK


Doc GSMArena)Doc GSMArena)

MediaTek selama ini  terus berupaya meningkatkan bisnis chipset smartphone-nya, dengan fokus yang jelas pada fitur dan pasar tertentu. Setelah mereka sukses meluncurkan Helio G90 di bulan Juli lalu, yang secara khusus dirancang untuk smartphone gaming, kini MediaTek telah mengalihkan fokusnya ke pengembangan chipset 5G yang akan dibenamkan di smartphone segmen high-end dan midrange.

Sesuai dengan roadmap MediaTek sebelumnya, chipset 5G pertama MediaTek tersebut berdasarkan modem Helio M70, dan diharapkan akan mulai dipasarkan pada Q1 tahun depan. Rencananya, MediaTek menjadwalkan sebuah acara khusus pada tanggal 26 November 2019 untuk memperkenalkan chipset 5G pertama mereka di MediaTek Summit 2019.

Terkait dengan acara MediaTek Summit ini, memang ada beberapa bocoran  foto yang dibagikan oleh netizen di Weibo, akan  tetapi belum ada informasi lebih lanjut terkait dengan perangkat keras dan fitur yang akan dihadirkan di chipset 5G pertama MediaTek tersebut.

Seperti yang terlihat pada gambar, chipset yang ditampilkan dalam materi promo memiliki nomor model “MT6885Z”. Dapat diasumsikan bahwa processor ini adalah chipset 5G terbaru MediaTek yang dibangun dengan proses 7nm. Selain itu, MediaTek bersiap-siap untuk bermitra dengan beberapa OEM smartphone populer seperti Oppo dan Vivo.

Berdasarkan bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa MT6885Z akan dibangun oleh CPU Cortex-A77 dan core CPU Mali-G77, dukungan frekuensi sub-6 GHz, mesin pemrosesan AI generasi ketiga, dan dukungan kamera hingga 80MP dan perekaman video 4K 60fps. Processor ini akan dibangun pada proses FinFET 7nm. Diduga processor ini sudah dalam produksi massal dan akan mulai dikirim ke produsen pada Q1 2020.

Namun yang lebih menarik adalah upaya MediaTek untuk menghadirkan modem 5G mode ganda yakni Helio M70 SA/NSA ke kelas menengah yang lebih terjangkau. Processor ini kemungkinan akan disebut “MT6873” dan jika benar, MT6873 akan dibangun dengan core Cortex-A76 dan proses FinFET 7nm yang sama dengan MT6885Z.

Dari segi harga, chipset ini kemungkinan akan dihadirkan ke smartphone ekonomis yang memiliki banderol sekitar USD$ 300. Processor MediaTek MT6873 kabarnya akan memiliki desain lebih kecil  ukurannya sekitar 25% dibandingkan dengan MT6885Z. Dan tentunya dibanderol dengan harga yang lebih murah. MediaTek MT6873 diharapkan akan memasuki produksi massal sekitar kuartal kedua tahun 2020. (*)


Sumber