pulsa-logo

YouTube Bakal Hapus Channel yang Tak Menghasilkan


Nariswari

Selasa, 12 November 2019 • 13:44

youtube bakal hapus channel yang tak menghasilkan


ilustrasiilustrasi

Bagi Anda penikmat dan mungkin penggiat YouTube, judul berita ini mungkin terdengar agak menyesakkan dada. Akan tetapi seperti itulah persyaratan layanan YouTube yang baru. Dengan meluncurkan pembaruan terbarunya pada bagian Term and Service, YouTube  membuat kebijakan baru yang menjadikan semua pembuat konten bingung dan sedikit ‘ngeri’.

Saat Anda masuk ke bagian Term and Service, lalu buka ke  bagian bawah yang memuat berbagai penjelasan mengenai Account Suspension & Termination. Di bagian ini, YouTube menjelaskan peraturan baru mengenai penangguhan akun dan pengakhiran akun YouTube.

Tertulis dengan jelas bahwa YouTube dapat menghentikan akses Anda, atau akses akun Google Anda ke semua atau sebagian layanan jika YouTube melihat bahwa Anda tidak lagi layak secara komersial.

Dalam pernyataan ini, sepertinya YouTube hanya akan menghapus akun / saluran YouTube Anda, jika Anda tidak dapat menghasilkan uang atau layak "secara komersial" atau tidak  menguntungkan untuk platform YouTube.

Pernyataan YouTube ini tentu mengundang tanya bangi banyak orang, terutama dengan  kata kunci "komersial".  Karena ini  tidak merujuk pada video atau konten di YouTube yang mempromosikan pidato kebencian atau konten kekerasan. Juga, agak  sulit untuk menebak faktor-faktor  apa yang dipertimbangkan oleh YouTube untuk memutuskan apakah suatu channel Youtube  "layak secara komersial" atau tidak.

Seorang juru bicara YouTube menyebutkan bahwa pembaruan terbaru di YouTube yang memuat kebijakan baru tersebut, adalah untuk memastikan bahwa YouTube akan lebih mudah untuk digunakan dan dipahami daripada sebelumnya. Meskipun tanggapan resmi dari YouTube mungkin belum memuaskan, namun yang jelas kebijakan YouTube tersebut menjadikan semua pembuat konten merasa khawatir. (*)

Sumber