pulsa-logo

Huawei Pimpin Pasar Tablet di Cina


Nariswari

Rabu, 13 November 2019 • 17:13

huawei,tablet,pasar tablet,ipad,apple


Tablet Huawei (ilustrasi)Tablet Huawei (ilustrasi)

Huawei adalah satu dari sedikit produsen yang masih aktif di bisnis tablet. Tahun ini, Huawei meluncurkan seri MediaPad M6 yang memiliki tiga model termasuk versi Turbo yang menampilkan layar 8,4 inci. Kini sebuah kabar yang berasal dari laporan IDC telah mengungkapkan bahwa perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Cina tersebut sekarang telah berhasil memimpin pangsa pasar tablet lokal.

Laporan triwulanan IDC untuk periode Q3 2019 menunjukkan bahwa Huawei mengirim total 2,12 juta unit tablet pada kuartal terakhir. Angka ini mengalami pertumbuhan 24,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data ini ini, pangsa pasar Huawei melonjak naik menjadi 37,4%, dan mendorongnya ke urutan teratas untuk pertama kalinya di pasar tablet.

Pasar tablet di China sebenarnya terus tumbuh dan menggeliat selama 6 kuartal terakhir, meskipun dengan laju pertumbuhan hanya 1,4%. Sebanyak 5,67 juta unit tablet dikirimkan pada Q3 2019 di China.

Di posisi kedua, Apple memiliki pangsa pasar terbesar sebesar 33,8% dengan mengirimkan 1,92 juta unit pada kuartal terakhir. Di posisi ketiga ditempati oleh Xiaomi yang mengirim 340.000 unit tablet dan memiliki pangsa pasar 5,9%. Sementara Lenovo berada di urutan keempat dengan pangsa pasar 4% dan total pengiriman 230.000 unit tablet. Baik Xiaomi dan Lenovo mencatat penurunan pertumbuhan masing-masing 47,4% dan 15,9% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Xiaomi sebagai merek yang populer di bisnis smartphone, belum menjelaskan mengapa pangsa pasarnya di bisnis tablet  malah turun secara signifikan. Adapun Huawei, Apple, dan Microsoft (yang memiliki pangsa terbesar ke-5 di China) telah mencatat keberhasilan di pasar tablet berkat inovasi dan investasi berkelanjutan mereka dalam penelitian dan pengembangan (R&D). (*)

Sumber