pulsa-logo

Akhirnya, Ponsel Lipat Motorola RAZR Resmi Diperkenalkan


Fauzi

Kamis, 14 November 2019 • 17:21

Motorola,Motorola Razr


Image: MotorolaImage: Motorola

Cukup kencang dikabarkan dalam bentuk rumor, akhirnya ponsel lipat Motorola RAZR telah diresmikan sang pabrikan.

Nama Motorola Razr sendiri sejatinya telah mencuat ke publik pertama kali sejak 2004 lalu. Meski mengusung nama yang sama, namun pada Motorola Razr terbaru datang dengan bentuk yang bisa dilipat.  Tak ayal perangkat ini menjadi ponsel lipat pertama Motorola.

Walaupun menyandang sebagai ponsel lipat, sejatinya Motorola Razr berbeda dengan  Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Alih-alih bila dibentangkan layarnya smartphone bisa berubah menjadi tablet seperti Galaxy Fold dan Mate X, ponsel Foldable Razr justru mengubah smartphone berukuran standar menjadi lebih ringkas dan mudah untuk dibawa-bawa. Alhasil, ukuran perangkat bisa menjadi sangat ringkas ketika tidak digunakan.

Bicara bentuk d esainnya, sejatinya Motorola Razr yang baru diresmikan masih mewarisi desain yang sama dengan Razr yang ikonik yang dirilis awal tahun 2000-an. Hanya saja, Razr terbaru sudah datang sejumlah peningkatan di antaranya layar 6.2 inci yang bisa dilipat berjenis OLED. Aspek rasio layarnya sendiri sudah 21:9 dijuluki CinemaVision, dan memiliki engsel yang memungkinkan perangkat untuk dilipat menjadi dua bagian yang sama.

Selain itu, smartphone nampak masih memiliki dagu yang cukup besar di bawah layar sebagai tempat untuk sensor sidik jari. Beberapa komponen lain seperti antenna seluler, port USB-C, dan pengeras suara juga terletak di area sisi bawah.

Ketika perangkat dalam keadaan dilipat, pengguna akan disajikan layar eksternal dengan Quick View yang memungkinkan pengguna untuk melihat notifikasi, mengambil foto selfie, menggunakan Google Assistant, dan aktivitas lainnya tanpa membuka smartphone.

Di bagian atas layar lipatnya, ditemui sensor kamera 5 MP. Sementara kamera 16 MP lainnya terdapat di bawhah layar eksternal yang bisa digunakan, baik untuk foto biasa maupun selfie. Alat bidik smartphone ini juga didukung oleh mode Laser Auto Focus dan Night Vision, serta electronic image stabilization dan dukungan AI.


Untuk menyuplai daya, smartphone datang dengan dukungan baterai ganda, yang terdapat di kedua sisi layar masing-masing memiliki kapasitas 2500 mAh. Baterai smartphone sudah mendukung fast charging 15W Turbo Power. Sementara dari sektor pendukung kinerja, smartphone ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snadpragon 710, alias bukan seri flagship Snapdragon 855.

Motorola Razr akan dijual dengan harga mencapai 1500 USD dan belum akan tersedia sampai awal 2020.

Spesifikasi lengkap:

•    Layar: 6.2 inci (2142 x 876 piksel) 21:9 Cinemavision foldable pOLED screen, eksternal 2.7 inci (600 x 800 piksel) 4:3 OLED screen

•    CPU: Octa Core Snapdragon 710 10nm Mobile Platform (Dual 2.2GHz Kryo 360 + Hexa 1.7GHz Kryo 360 CPUs), Adreno 616 GPU

•    Memori: RAM 6GB (LPPDDR4x), internal 128GB

•    OS: Android 9.0 (Pie)

•    Kamera belakang: 16MP dengan dual LED flash, f/1.7 aperture, 1.22um pixel size, EIS, Dual Pixel autofocus (AF), Laser AF

•    Kamera depan: 5MP dengan f/2.0 aperture, 1.12um pixel size,screen flash

•    Sensor sidik jari

•    Dimension:  72 x 172 x 6.9mm (ketika tidak dilipat); 72 x 94 x 14mm(dilipat); Berat: 205g

•    Tahan percikan air (nanocoating)

•    Dual 4G VoLTE, WiFi 802.11 ac (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth 5, GPS + GLONASS, NFC, USB 3.0 Type-C

•    Baterai:  2510mAh dengan 15W TurboPower fast charging

(Ozi)

(Sumber)