pulsa-logo

ASUS Luncurkan Zenbook UM462 dan UM431 Berbasis AMD Ryzen


Arief Burhanuddin

Kamis, 14 November 2019 • 17:19


Seringkali laptop tipis dan ringan identik dengan banderol harga yang mahal. ASUS tampaknya ingin mengikis anggapan tersebut dengan meluncurkan seri Zenbook terbarunya yaitu Zenbook Flip UM462DA dan Zenbook UM431DA.

Kedua notebook ringan terebut ditenagai dengan Prosesor AMD Ryzen™ terbaru dan dijual dengan harga terjangkau. Zenbook UM431DA dilempar ke pasar dengan harga mulai Rp 9.999.000, sedangkan laptop convertible Zenbook Flip UM462DA dijual mulai dari harga Rp11.299.000. 

ASUS ZenBook Flip UM462

ASUS ZenBook Flip UM462DA masih mengusung filosofi desain ZenBook yang ringkas, tipis, dan ringan.

ASUS ZenBook Flip UM462DA mengusung layar 14 inci dengan dimensi panjang 32,2cm dan lebar 21cm. Dengan tebal 1,89 cm dan bobot 1,6 kg membuatnya gampang dimasukkan ke dalam tas dan mudah digunakan di berbagai skenario, khususnya saat digunakan layaknya tablet.

Salah satu alasan mengapa ZenBook Flip UM462 dapat tampil dengan bodi ringkas adalah berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar di ZenBook Flip UM462DA memiliki bezel yang sangat tipis, tepatnya hanya 4,37mm. 


ZenBook Flip UM462DA memiliki engsel khas poduk premum ASUS yang disebut ErgoLift Hinge yang memiliki mekanisme khusus yang memungkinkan bodi utama laptop ini terangkat ketika digunakan pada mode laptop.

Selain ErgoLift Hinge, fitur premium lain yang terdapat di laptop ini adalah IR camera yang terintegrasi dengan Windows Hello sehingga pengguna dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 melalui sistem pemindai wajah. Tidak lagi harus mengetikkan password, pengguna ZenBook Flip UM462DA cukup meregistrasikan wajah ke dalam sistem dan Windows Hello akan dapait mengenali wajah pengguna sebagai password untuk masuk ke dalam sistem Windows 10.

Karena dapat digunakan dalam mode tablet, ZenBook Flip UM462DA juga dibekali dengan fitur Windows Ink sehingga dapat berfungsi layaknya papan gambar digital. Pengguna ZenBook Flip UM462DA juga akan mendapatkan ASUS Pen, yaitu stylus khusus yang terdapat langsung di dalam paket penjualan laptop ini.

ZenBook Flip UM462DA telah mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer (Military Grade MIL-STD 810G) dan lolos dalam berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji jatuh (drop test), uji getaran (vibration test), hingga uji penggunaan pada tempat tinggi (altitude test).

ZenBook Flip UM462DA memiiki konektivitas dual-band WiFi 802.11ac, Bluetooth, hingga USB Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal. Tidak hanya itu, laptop convertible ini juga telah dilengkapi dengan NumberPad yang memungkinkan touchpad dialihfungsikan sebagai numpad digital. Melalui sebuah tombol khusus, touchpad dapat berubah menjadi numpad hanya dalam satu kali tekan saja. 

ZenBook Flip UM462DA merupakan salah satu varian ZenBook pertama yang mengadopsi prosesor AMD Ryzen™ Mobile generasi terbaru dan terintegrasi dengan chip grafis Radeon Vega yang powerful sekaligus hemat daya.

Ada dua varian prosesor Ryzen™ Mobile yang hadir di ZenBook Flip UM462DA kali ini. Varian dengan prosesor Ryzen™ 5 3500U dan prosesor Ryzen™ 7 3700U yang cocok untuk pengguna yang membutuhkan performa lebih baik dari sisi pemrosesan data maupun grafis. 

Semua performa tersebut juga didukung oleh penggunaan RAM DDR4 berkapasitas 8GB serta penyimpanan berupa PCIe SSD berkapasitas 512GB. Kombinasi keduanya memastikan berbagai aplikasi dapat berjalan lebih cepat dan menghadirkan pengalaman multitasking yang lebih baik.

 

ASUS ZenBook UM431

ZenBook UM431DA hadir dengan layar berukuran 14-inci, laptop ini memiliki dimensi panjang 32,4cm dan lebar 21,2cm. Sementara ketebalan bodinya berada di angka 1,59cm. Semua itu berkat teknologi premium NanoEdge Display yang membuat bezel pada layar laptop ini tampil sangat tipis.

ZenBook UM431DA memiliki bobot hanya 1,39 Kg dan memiliki fitur ErgoLift Design yang membuat bagaian bodi utama ZenBook UM431DA terangkat dan membentuk sudut 4,5 derajat ketika digunakan. Sudut tersebut membuat posisi keyboard juga ikut miring sehingga kegiatan mengetik menjadi lebih nyaman.

ErgoLift Design juga membuat ZenBook UM431DA memiliki rongga udara ekstra di area pendinginnya. Rongga udara tersebut berfungsi sebagai saluran ekstra yang memungkinkan udara dapat mengalir lebih baik dari bagian bawah laptop menuju sistem pendinginan. Pada akhirnya, suhu komponen di dalam ZenBook UM431DA dapat lebih terjaga berkat aliran udara di sistem pendinginnya lebih lancar. 

ZenBook UM431DA tampil dengan desain spun metal finish dengan filosofi Zen yang khas. Bodinya juga terbuat dari bahan logam khusus yang ringan dan kuat. Laptop ini juga telah mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer (Military Grade) MIL-STD 810G.

ZenBook UM431DA dilengkapi dengan keyboard yang tombolnya memiliki LED backlight yang dapat digunakan mengetik dengan nyaman meski dalam kondisi gelap. Tombol pada keyboard ZenBook UM431DA juga memiliki traveling distance sejauh 1,4mm yang merupakan jarak ideal untuk mengetik.

ZenBook UM431DA dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerprint reader) yang telah terintegrasi dengan Windows Hello. Melalui fitur ini, pengguna ZenBook UM431DA tidak perlu memasukkan password untuk masuk ke dalam sistem Windows 10. Cukup gunakan sidik jari dan proses login akan dilakukan secara instan serta lebih aman.

Menambah portabilitasnya, ZenBook UM431DA dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Port USB Type-A dan Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan serta port HDMI output untuk menghubungkan laptop ini dengan perangkat display tambahan. Selain ituterdapat juga combo audio jack dan SD card reader untuk kebutuhan transfer data dengan perangkat lain.

Soal konektivitas, ZenBook UM431DA memiliki fitur konektivitas yang lengkap mulai dari dual-band WiFi dan Bluetooth 4.2. Modul WiFi yang digunakan di laptop ini adalah WiFi 5 802.11ac yang cepat dan kompatibel dengan sebagian besar router.

Ada dua varian prosesor Ryzen™ Mobile yang hadir di ZenBook UM431DA kali ini. Varian dengan prosesor Ryzen™ 5 3500U hadir sebagai laptop dengan performa yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari. Sementara varian dengan prosesor Ryzen™ 7 3700U sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan performa lebih baik dari sisi pemrosesan data maupun grafis. Keberadaan chip grafis terintegrasi Radeon Vega juga membuat ZenBook UM431DA semakin powerful dan dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan komputasi dan multimedia sehari-hari.

Semua performa tersebut juga didukung oleh penggunaan RAM DDR4 berkapasitas 8GB serta penyimpanan berupa PCIe SSD berkapasitas 512GB. Kombinasi keduanya memastikan berbagai aplikasi dapat berjalan lebih cepat dan menghadirkan pengalaman multitasking yang lebih baik.