pulsa-logo

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan


Nariswari

Selasa, 19 November 2019 • 11:22

android,android murah,android murahan,smartphone murahan,bug


ilustrasiilustrasi

Saat ini kian marak smartphone Android yang beredar di pasaran. Tak hanya merek-merek terkenal, di toko-toko online banyak ditemukan smartphone yang dijual sangat murah yang mereknya kurang dikenal. Smartphone murahan tersebut, biasanya dibekali dengan spesifikasi standar dengan kualitas yang belum teruji.

Selain kualitas, pada perangkat lunak ditakutkan sudah disusupi program atau aplikasi yang merugikan pengguna. Menurut perusahaan riset keamanan Kryptowire, seperti diungkap oleh Ubergizmo, hal ini bisa menjadi masalah yang sangat serius. Mereka telah menemukan bahwa aplikasi yang datang terinstal (default) pada ponsel Android murahan datang dengan sejumlah bug dan kerentanan yang dapat membuatnya mudah diretas, dan pada gilirannya membahayakan perangkat itu sendiri.

Meskipun Kryptowire tidak menyebutkan merek smartphone murah apa saja yang memiliki tingkat kerentanan, namun mereka mencatat bahwa kerentanan ini ditemukan pada beberapa ponsel yang dikirim oleh setidaknya oleh 29 produsen.

Berbicara kepada CNET, CEO Kryptowire Angelos Stavrou menyarankan bahwa Google juga harus bertanggung jawab pada tingkat tertentu dengan melalukan pengetatan dan meningkatkan ketelitian mengenai aplikasi yang dijalankan pada smartphone Android.

Menurut Stavrou, selain vendor,  Google juga memiliki tanggung jawab atas produk yang menjalankan perangkat lunak mereka yang masuk ke dalam ekosistem Android. Legislator dan pembuat kebijakan harus menuntut agar vendor dan Google ikut bertanggung jawab, karena beresiko membahayakan keamanan dan informasi pribadi. (*)

Sumber