pulsa-logo

Biar Lebih Bersaing, Seperlima Produksi Smartphone Samsung Pakai ODM China


Nariswari

Selasa, 19 November 2019 • 14:41

Seperlima Produksi Smartphone Samsung Pakai ODM China


ilustrasiilustrasi

Samsung dikabarkan akan melepas seperlima dari produksi smartphone-nya ke ODM China yakni Wingtech. Rencana tersebut akan direalisasikan mulai tahun depan. Menurut laporan Reuters (via GSMArena), Samsung berencana untuk memproduksi sekitar 300 juta perangkat smartphone di tahun 2020, dan sekitar 60 juta unit diproduksi di Cina oleh Wingtech.

Ini kemungkinan adalah perangkat yang masuk ke line-up Samsung Galaxy A. Selanjutnya, Samsung berencana untuk terus memproduksi smartphone andalannya di Vietnam dan India. Sebagai perusahaan ODM, Wingtech sebelumnya juga membuat ponsel untuk Huawei, Xiaomi dan Oppo, dan beberapa tahunyang lalu  juga pernah membuat ponsel untuk Samsung.

Awal tahun ini Samsung menutup pabrik terakhirnya di China, dalam upaya untuk mengurangi biaya produksi. Dengan melibatkan ODM,  Samsung melakukan penghematan dalam menekan biaya pembelian suku cadang dan memproduksi ponsel sendiri.

Langkah ini pasti akan memungkinkan Samsung untuk meningkatkan daya saing di segmen entry-level dan menengah. Samsung memastikan ponsel buatan ODM sama persis dengan ponsel built-in buatan mereka sendiri sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan terjadi penurunan kualitas. (*)