pulsa-logo

Kalahkan Facebook, TikTok Lampaui 1,5 Miliar Unduhan


Nariswari

Selasa, 19 November 2019 • 22:08

tiktok kalahkan facebook


ilustrasiilustrasi

Menurut sebuah kabar terbaru yang berasal dari SensorTower analytics, TikTok telah berhasil mencapai angka 1,5 miliar unduhan dan menduduki tempat ketiga dalam kategori non-game yang paling banyak diunduh di tahun 2019.

Aplikasi media sosial berbasis video pendek yang dibuat oleh perusahaan di Tiongkok tersebut berhasil menembus hegemoni Facebook di tangga tertinggi di App Store dan Google Play serta “mengekor” WhatsApp dan Messenger.

Yang lebih luar biasa adalah bahwa TikTok diluncurkan hanya tiga tahun yang lalu yakni pada tahun 2016. Data menunjukkan bahwa pada Q3 2019 saja, aplikasi ini mendapat total 176,5 juta unduhan di perangkat Android dan iOS. Angka tersebut tidak memperhitungkan unduhan dari pihak ketiga. Ini membuktikan bahwa aplikasi ini tidak hanya populer di Cina, namun TikTok sangat populer di pasar global.

Menengok ke belakang, aplikasi TikTok memecahkan rekor unduhan 1 miliar pada Februari 2019 dan berhasil tumbuh 500 juta lagi dalam waktu sekitar 7 bulan setelah itu.

Pada basis per negara, India adalah pengguna TikTok paling banyak dalam total unduhan untuk tahun 2019 dengan perkiraan 466,8 juta aktivasi di perangkat iOS dan Android. China adalah “pendorong utama” pertumbuhan TikTok dengan perkiraan 173,2 juta unduhan. Sementara itu, pasar AS berada di tempat ketiga dengan sekitar 123,8 juta unduhan TikTok. (*)

Sumber