pulsa-logo

Paten Smartphone Lipat Xiaomi Mendatang Terungkap


Nariswari

Senin, 25 November 2019 • 13:49

Smartphone Lipat Xiaomi


image courtesy daintech/doc. GSMArenaimage courtesy daintech/doc. GSMArena

Desain smartphone lipat (foldable) saat ini menjadi trend hangat yang mulai dilirik oleh beberapa vendor smartphone. Setelah Samsung, Huawei dan Motorola, kini Xiaomi tampaknya sedang menggarap smartphone generasi mendatangnya  yang memiliki desain  dapat dilipat.

Awal bulan ini, sebuah paten baru muncul di online yang menampilkan desain penta kamera pop-up yang unik. Kini, beredar bocoran informasi paten lain menyangkut Xiaomi Foldable Phone. Beberapa hari yang lalu, sebuah paten terdaftar di CNIPA China dengan mengungkap beberapa hal tentang Xiaomi Foldable Phone. Salah satunya adalah fitur yang akan diusungnya yakni quad camera.

Berdasarkan informasi dari DealInTech, terungkap desain mockup yang menunjukkan perangkat Xiaomi Foldable Phone dalam posisi tertutup. Gambar mockup ini sesuai dengan paten yang muncul di CNIPA sebelumnya. Sekilas, perangkat ini agak menyerupai Xiaomi Mi Mix Alpha dengan layar luar yang membungkusnya. Selain itu, kamera pada Xiaomi Mi Mix Alpha tidak menggunakan bagian belakang layar yang besar.

Ada semacam mekanisme engsel ponsel yang digunakan di Xiaomi Foldable Phone. Terakhir, paten tersebut mengungkapkan tata letak tombol dan fungsi smartphone. Namun tidak terlihat dengan jelas selain quad kamera. Anda tidak dapat melihat tombol fisik lainnya dalam desain  tersebut. Tidak terlihat adanya port, tombol atau bahkan slot dalam desain paten ini.

Meski Xiaomi telah mendaftarkan paten Xiaomi Foldable Phone tersebut, namun bukan berarti mereka akan meluncurkan smartphone lipat tersebut dengan desain yang sama persis. Desain paten hanya menunjukkan kemungkinan adanya perangkat semacam itu tetapi tidak menjamin sama desainnya.

Sampai sekarang, Xiaomi belum secara resmi mengungkapkan apa pun tentang smartphone Xiaomi Foldable Phone tersebut. Akan tetapi pada awal Januari lalu, Xiaomi  pernah mengkonfirmasi tentang rencana penggarapan smartphone yang dapat dilipat. Diprediksi, Xiaomi Foldable Phone akan diluncurkan pada Q2 tahun depan. (*)

Sumber via