pulsa-logo

Bisnis Modemnya Dijual ke Apple, Intel Kerjasama dengan Mediatek


PULSA

Selasa, 03 Desember 2019 • 12:34

akuisisi bisnis modem intel oleh apple


ilustrasiilustrasi

Awal tahun ini, Apple mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel. Itu juga berarti bahwa Apple akhirnya terlepas dari ketergantungan dengan supplier modem dan bakal membuatnya sendiri.

Kendati demikian, mengakuisisi satu perushaaan bukan hal yang sepele. Banyak tahapan yang harus dilalui dan sekarang Intel telah mengkonfirmasi bahwa akuisisi tersebut telah selesai. Menurut Intel dikutip dari Ubergizmo, "Seperti yang diungkapkan sebelumnya, transaksi ini memungkinkan Intel untuk fokus pada pengembangan teknologi untuk jaringan 5G sambil mempertahankan opsi untuk mengembangkan modem untuk aplikasi non-smartphone, seperti PC, internet perangkat barang dan kendaraan otonom."

Apple mengakuisisi bisis modem Intel salah-satunya dalam rangka mengembangkan modem 5G untuk iPhone mendatang. Namun, setelah urusan dengan Qualcomm sudah beres, belakangan terungkap bahwa Qualcomm akhirnya bisa kembali memasok modek 5G ke Apple. Nah, seteah akuisisi Intel selesai maka Intel kemudian mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan lagi memproduksi modem untuk perangkat seluler.

Kerjasama dengan Mediatek

Tren perangkat PC mendatang sepertinya bakal membundel perangkat dengan kemampuan koneksi 5G.  Buat Intel, ini tentu menjadi tantangan sebab bisnis modemnya sudah dilepas ke Apple. Nah, untuk tetap bisa menawarkan kemampuan 5G pada PC mendatang, Intel dan Mediatek berkolaborasi.

MediaTek belum lama ini mengumumkan kemitraan dengan Intel untuk menghadirkan modem 5G baru untuk PC. Melalui kemitraan ini, Intel bekerja sama dengan MediaTek dalam solusi 5G ini untuk penggunaan di segmen-segmen laptop konsumen dan komersial. MediaTek mengembangkan modem 5G ini dan bekerja dengan berbagai mitra untuk manufaktur solusi ini.

Dell dan HP akan menjadi pabrikan OEM pertama yang menghadirkan laptop dengan solusi 5G dari Intel dan MediaTek. Perangkat-perangkatnya diharapkan akan hadir di awal 2021.


“Modem 5G untuk PC ini, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Intel, merupakan hal integral dalam membuat 5G bisa digunakan dan tersedia bagi platform rumah dan mobile,” kata Joe Chen, President, MediaTek.  “5G akan masuk dalam era pengalaman PC berikutnya, dan lewat kerja sama dengan Intel, sebuah pemimpin dalam komputasi, memperjelas keahlian MediaTek dalam merancang teknologi 5G untuk pasar-pasar global. Lewat kemitraan ini, para konsumen akan bisa melakukan berbagai hal termasuk browsing, streaming dan game dengan lebih cepat di PC mereka, tapi kami juga mengharapkan mereka akan bisa berinovasi dengan 5G dalam cara-cara yang bahkan kita belum bisa bayangkan sekarang.”

Modem 5G baru MediaTek untuk PC didasarkan pada modem 5G Helio M70 yang sudah diperkenalkan tahun ini sebagai bagian dari system-on-chip 5G terintegrasi untuk gelombang awal smartphone flagship 5G.

“5G akan mendorong munculnya tingkat komputasi dan konektivitas baru yang akan mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia,” kata Gregory Bryant, Executive Vice President dan General Manager, Client Computing Group, Intel. “Kemitraan Intel dengan MediaTek menghadirkan pemimpin-pemimpin industri dengan kemampuan rekayasa mendalam, integrasi sistem dan keahlian konektivitas untuk menghadirkan pengalaman 5G di PC-PC terbaik dunia generasi berikutnya.”

Kemitraan dengan Intel ini meneruskan peran kepemimpinan MediaTek dalam mendorong kehadrian 5G ke pasar bidang-bidang mobile, rumah dan otomotif. MediaTek selalu aktif dalam pengembangan teknologi 5G, berpartisipasi dalam standarisasi set fitur 5G, dan berkolaborasi dengan para pemimpin industri untuk menciptakan sebuah ekosistem industri 5G.(*)