pulsa-logo

First Impression Redmi 8, Smartphone Redmi Pertama dengan 5000 mAh


PULSA

Rabu, 04 Desember 2019 • 20:03

redmi,redmi 8,review remi 8,harga redmi 8,redmi 8 indonesia


Redmi 8Redmi 8

Hari ini Xiaomi Indonesia kembali merilis produk terbaru mereka yakni Redmi 8. Ini merupakan produk ketiga dari keluarga seri 8 Redmi yang diluncurkan di Indonesia.

Sebagai pembaruan dari Redmi 7, Redmi 8 tentu menjanjikan beberapa update penting. Beberapa diantaranya bisa Anda pertimbangkan untuk meminang perangkat yang cukup terjangkau ini. Berikut kesan pertama kami ketika menjajal Redmi 8.

Disain

Secara umum, disain Redmi 8 masih senada dengan pendahulunya. Besaran layar juga masih sama yakni 6,2 inci HD plus dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Menariknya Redmi 8 masih mempertahankan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang sudah terkenal kekuatannya. Di bagian atas layar terdapat notch kecil berbentuk tetesan air untuk menampung kamera selfie.

Redmi 8 tampak belakangRedmi 8 tampak belakang

Di bagian belakang Anda bisa dapatkan dual kamera utama yang kini diletakan di tengah bodi dan dibawah kamera ada sensor sidik jari serta lampu flash ditempatkan di bagian atas kamera. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan,  Onyx Black, Ruby Red dan Sapphire Blue. Unit yang kami dapatkan ini berwarna Saphire Blue.

Redmi 8 terasa lebih berbobot. Ini tidak lain karena memang baterai Redmi 8 ini memiliki kapasitas yang jauh lebih besar yakni 5.000 mAh. Baterai besai ini i menjadi lompatan yang signifikan, terutama jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone kelas menengah yang mayoritas menawarkan kapasitas baterai 4.000 mAh.


Layar Redmi dengan dot dropLayar Redmi dengan dot drop

Letak volume rocker terdapat di sisi kanan berdampingan dengan tombol power. Sementara di sisi kiri Anda bisa temukan slot SIM card dan microSD. Redmi 8 ini memiliki dua slot SIM card dan satu slot microSD yang terpisah. Jadi, Anda bisa memasang dua SIM card dan satu microSD sekaligus.

Di bagian bawah terdapat lubang charger dan sekarang Redmi 8 sudah mengusung lubang charger type-C juga fast charging 18 W.  Perbahan yang cukup menyenangkan ketimbang Redmi 7 yang masih mengandalkan micro USB. Di samping lubang charger ada jack audio 3,5 mm dan lubang speaker. Di bagian atas Anda terdapat lubang kecil dan tampaknya itu adalah lubang speaker untuk komunikasi via suara.

Lubang charger type-cLubang charger type-c

Bodinya terbuat dari plastik namun dengan kualitas polesan warna yang ciamik, Redmi 8 bisa tampil menggoda.

Kamera

Kamera utama Redmi 8Kamera utama Redmi 8

Dari lembar spesifikasi, fitur kamera Redmi 8 ini rasanya mirip banget dengan Redmi 7. Ada setup dual camera di belakang dengan formasi lensa 12MP + 2MP dan satu lensa tunggal di bagian depan.  Tentunya kamera ini juga didukung dengan AI yang secara cerdas bisa membantu Anda mendapatkan hasil foto yang baik.

AI pada kamera utama Redmi 8 ini mampu mendeteksi 27 scene, seperti makanan, langit, dedaunan, suasana malam, dan sebagainya. Dengan AI Portrait Mode lewat kombinasi lensa kedua 2MP, Anda bisa menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang lebih alami.

Kinerja

Menjalankan sistem operasi Android Pie berbalut antarmuka MIUI 10, kinerja Redmi 8 disokong oleh chipset Snapdragon 439 dengan prosesor octacore 8x ARM Cortex A53 dengan kecepatan sampai 2.0GHz juga ada chip grafis Adreno 505.

Dengan proses produksi 12nm kepunyaan Snapdragon 439 ini, Anda bisa menikmati kinerja yang powerful sekaligus hemat energy. Berkat spesifikasi ini,  Redmi 8 menawarkan kemampuan multitasking yang tak mengecewakan. Berganti-ganti dari aplikasi satu ke aplikasi lain terasa lancar. Apalagi pilihan varian yang ditawarkan mulai dari RAM 3GB + 32GB dan RAM 4GB + 64GB. Sebagai informasi, Xiaomi sudah tak lagi menawarkan varian RAM 2GB di seri Redmi 8 yang kami anggap sebagai langkah tepat untuk membuat perbedaan signifikan dengan seri Redmi 8A.

Harga dan paket penjualan

Paket penjualan Redmi 8Paket penjualan Redmi 8

Redmi 8 ditawarkan dengan paket penjualan standar Xiaomi, seperti buku panduan, perangkat charger, kabel USB dan case pelindung. Harga perkenalan yang ditawarkan sangat menarik. Anda bisa mendapatkan Redmi 8 varian RAM 3GB dan 32 GB penyimpanan hanya dengan Rp1.699.0000 dan varian RAM 4G dan 64 GB penyimpanan Rp1.799.000 saja. Menariknya, Xiaomi Indonesia memberikan masa garansi hingga 24 bulan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Redmi 8, nantikan ulasan yang lebih komprehensif pada rubrik Review kami. (*)