pulsa-logo

Q3 2019, Smartphone 5G Sumbang 5% Pasar Smartphone Premium


Nariswari

Jum'at, 06 Desember 2019 • 17:44

Smartphone 5G Sumbang 5% Pasar Smartphone Premium


(doc GSMArena)(doc GSMArena)

Meskipun segmen pasar smartphone premium global turun 7% tahun-ke-tahun pada Q3 2019, namun teknologi 5G telah “membantu” sedikit kenaikan pasar smartphone premium global. Karena smartphone 5G berkontribusi 5% dari semua pengiriman smartphone premium di Q3 2019.

Samsung memimpin di segmen smartphone 5G dengan pangsa 74% diikuti oleh LG dengan 11% dan Vivo dengan 5%. Menurut Counterpoint Research, adopsi awal 5G di pasar China, Korea Selatan dan Amerika Utara. Dan sejauh menyangkut presentase di seluruh pasar, Apple masih memimpin dengan lebih dari setengah dari total penjualan smartphone premium Samsung yang berada di urutan kedua dengan 25% dan Huawei berada di tempat ketiga dengan 12%. Yang mengejutkan adalah  OnePlus dan LG yang berada di posisi 5 teratas dengan masing-masing 8% dan 2%.

Pre order yang sangat besar untuk iPhone 11 telah mendorong Apple ke posisi atas dan keputusan Apple untuk tidak menghentikan penjualan iPhone XR juga memiliki efek untuk meningkatkan penjualan unit iPhone.

Huawei berhasil bertahan di posisi ketiga berkat penjualan smartphone yang sangat kuat di pasar dimestiknya di China.  Karena 80% penjualan smartphone premium Huawei  terjadi di China. Kontribusi pasar China terhadap penjualan ponsel pintar Huawei adalah 73% setahun yang lalu dan Counterpoint berpendapat tren ini akan terus berlanjut karena semakin sulit bagi Huawei untuk bersaing di pasar luar negeri ketika GMS (Google Mobile Service) hilang.(*)

Sumber