pulsa-logo

Apa Saja yang #RameDiTwitter di 2019?


Arief Burhanuddin

Rabu, 11 Desember 2019 • 09:07


Berbagai peristiwa yang menyedot perhatian banyak terjadi selama tahun 2019. Pemilihan presiden, penayangan film-film fenomenal, hingga cerita horor turut memuncaki linimasa, tak terkecuali di platform Twitter.

Twitter kembali diramaikan dengan masyarakat yang kembali ke platform ini dengan percakapan di linimasa; mulai dari olahraga, hiburan, politik, dan sebagainya. Dari cerita horor #KKNDesaPenari, kepergian salah satu superhero kesayangan di film #AvengersEndGame, dukungan untuk tim nasional sepakbola melalui #TimnasDay, hingga momen #Pemilu2019; berbagai cerita meramaikan linimasa Twitter di Indonesia tahun ini.

Lalu, apa saja yang ramai dibicarakan di Twitter di Indonesia di tahun 2019 ini?

10 Tagar yang paling #RameDiTwitter di Indonesia

10 Akun Indonesia yang paling #RameDiTwitter

Dengan dilaksanakannya #Pemilu2019 pada bulan April lalu, tak mengherankan jika akun Presiden Joko Widodo (@jokowi), Prabowo Subianto (@prabowo), serta Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) masuk ke dalam 5 peringkat teratas akun yang banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia di Twitter. Namun masih kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya; akun-akun dengan konten seru dan lucu seperti milik Andi Hiyat (@andihiyat), Fiersa Besari (@FiersaBesari), dan Bayu Joo (@bayu-joo) juga masuk ke dalam jajaran 10 besar tahun ini.


10 Emoji terpopuler

Emoji menjadi cara lain untuk mengekspresikan diri atau saling terhubung di Twitter. Berikut ini adalah emoji terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia di Twitter tahun ini.

Tweet dengan Retweet terbanyak

Dengan karakternya yang publik, Twitter memungkinkan masyarakat berkomentar atau membagikan cerita secara langsung terhadap apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Di tahun 2019, beragam Tweet yang membahas isu nasional turut menarik perhatian masyarakat Indonesia di Twitter. Tweet Najwa Shihab (@NajwaShihab) berikut ini menjadi Tweet dengan Retweet terbanyak tahun ini. Beberapa Tweet viral lainnya berasal dari BMKG (@infoBMKG), Cols (@faicol), Rintik Sendu (@ntsana_) dan Erlangga Greschinov (@Greschinov).

Tweet dengan Likes terbanyak

Tweet dari Erlangga Greschinov (@Greschinov) berikut ini menjadi Tweet dengan Likes terbanyak tahun ini. Hingga saat ini; Tweet ini sudah mendapatkan Likes lebih dari 125.700 kali. Edukasi bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan sederhana seperti ini menarik perhatian banyak orang di Twitter. Beberapa Tweet dengan Likes terbanyak lainnya berasal dari Ibu Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti), Rintik Sendu (@ntsana_), Andi Hiyat (@andihiyat), dan Banyu Sadewa (@BanyuSadewa).

Tweet dengan Komentar terbanyak (Retweet with Comment)

Twitter menawarkan berbagai cara meneruskan berita dan temuan menarik di Twitter. Salah satunya adalah melalui Retweet dengan tambahan komentar dan/atau media. Tweet dari Presiden Joko Widodo (@jokowi) di bawah ini menjadi Tweet dengan komentar terbanyak di Indonesia. Tweet lainnya yang juga banyak dikomentari di Indonesia adalah Tweet dari Nur Rizka Ammalia (@nurrizkaammalia), Erlangga Greschinov (@Greschinov) dan Anak Kereta (@AnkerTwiter).