pulsa-logo

Penantang Snapdragon 865, Kirin 1020 Besutan Huawei Hadir dengan Proses 5nm


Nariswari

Jum'at, 13 Desember 2019 • 15:01

kirin,snapdragon,huawei,qualcomm,kirin 1020,snapdragon 865,5nm,7nm


ilustrasi (doc Gizchina)ilustrasi (doc Gizchina)

Huawei dikabarkan sedang menggarap prosesor andalan generasi berikutnya yakni Huawei Kirin 1020. Chipset ini diprediksi bahwa  Kirin akan diperkenalkan ke publik  pada musim gugur mendatang. Kirin 1020 bakal menjadi penantang Snapdragon 865 yang sudah lebih dulu dikenalkan Qualcomm.

Berdasarkan bocoran informasi yang berasal dari Weibo, processor terbaru Huawei tersebut dijuluki 'Baltimore’. Seorang netizen di Weibo memposting “Baltimore 5nm, siap untuk perifikasi!”. Perlu Anda ketahui, kode internal chip Hisilicon biasanya diberi nama berdasarkan dari kota-kota besar di dunia. Plus, hanya ada dua “pelanggan” dari processor yang dihasilkan dari proses 5nm TSMC saat ini, yakni Apple dan Hisilicon. Jadi, di sini ada petunjuk bahwa prosesor andalan generasi berikutnya adalah Kirin.

Prosesor generasi mendatang Huawei tersebut dilaporkan dibagi menjadi verifikasi pra-tape dan verifikasi pasca-tape. Tetapi pada bulan September 2019 lalu, beberapa sumber mengatakan bahwa prosesor Hisilicon 5nm telah resmi digunakan. Jadi itu adalah langkah lebih lanjut untuk menyiapkan pengembangan untuk memverifikasi Kirin 1020, dan kemudian memasuki tahap uji mesin rekayasa.

Perlu disebutkan bahwa Kirin 1020 tidak menggunakan prosesor A77 tapi langsung melompat ke kerangka kerja A78. Meskipun untuk saat ini masih terllau dini untuk membahas soal kerangka kerja. Setidaknya beberapa waktu mendatang baru bisa diketahuimengenai detail dari Kirin 1020 ini.

Menurut konvensi tersebut, chipset kelas atas Huawei itu akan diluncurkan pada musim gugur. Kabarnya, Huawei Mate 40 Series akan memulai debutnya dengan prosesor Kirin 1020. Terlepas dari masih misterinya tanggal peluncuran Kirin 1020, hal yang paling menarik adalah peningkatan kinerjanya.

Menurut rumor terakhir, penggunaan processor Kirin 1020 akan memberikan peningkatan kinerja  menjadi 50% dibandingkan Kirin 990. Jelas ini adalah peningkatan yang sangat besar. Untuk memberi Anda gambaran, peningkatan kinerja yang dibawa oleh processor Snapdragon 865 dibandingkan dengan Snapdragon 855 kurang dari 25%. (*)

Sumber