pulsa-logo

Masih Tanpa Google, Huawei P40 dan P40 Pro Siap Debut Maret 2020


Nariswari

Rabu, 18 Desember 2019 • 15:58

Huawei P40 dan P40 Pro Siap Debut Maret 2020


ilustrasiilustrasi

Huawei akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan mengungkap flagship generasi berikutnya di Paris, Perancis pada akhir Maret tahun depan. Smartphone tersebut akan menjalankan EMUI 10 berbasis OS Android 10, namun menjalankan Huawei Mobile Services. Itu artinya tidak ada dukungan Google Mobile Service (GMS) di dalamnya. Seperi diansir GSMArena, konfirmasi ini disampaikan langsung oleh Richard Yu (kepala pisi konsumen Huawei).

Dia mengatakan bahwa duo smartphone terbaru Huawei yakni Huawei P40 dan P40 Pro akan  menyuguhkan desain inovatif yang belum pernah terlihat sebelumnya di smartphone Huawei selama ini. Termasuk kemajuan dalam kualitas gambar kamera yang akan dihadirkan di Huawei P40 dan P40 Pro, kinerja chipset dan daya tahan baterai.

Huawei P40 dan P40 Pro akan menjalankan chipset Kirin 990 5G, sedangkan kabarnya Huawei Mate 40 akan menjalankan processor Kirin 1020. Yu mengatakan bahwa Huawei P40 dan P40 Pro akan didistribusikan melalui saluran yang biasa yakni melalui jalur  operator dan toko retail resmi Huawei.

Sejak Huawei memperkenalkan Mate 30 Pro (yang juga hadir tanpa layanan Google) ke Eropa dalam jumlah yang terbatas, sekarang Huawei memiliki beberapa bulan untuk “memikat” perusahaan pengembang aplikasi untuk berkontribusi di toko aplikasi alternatif milik Huawei tersebut.

 Sedangkan untuk HarmonyOS, OS in-house besutan Huawei, sejauh ini belum dihadirkan ke smartphone. Huawei baru-baru ini menegaskan kembali komitmennya untuk menggunakan OS Android untuk dihadirkan ke jajaran smartphone-nya, dan mereka berencana untuk menggunakan Harmony OS di perangkat lain non-smartphone ( seperti smart TV, smartwatch, smart speaker, dan sebagainya). (*)

Sumber