pulsa-logo

Telat Banget, iPhone Dikabarkan Baru Punya Sensor Sidik Jari Bawah Layar Tahun Depan


Nariswari

Kamis, 19 Desember 2019 • 10:45

iphone,apple,pemindai sidik jari iphone,touchID,faceID


ilustrasi/doc PULSAilustrasi/doc PULSA

Belakangan ini Anda melihat telah cukup banyak smartphone yang dijual di pasaran yang dibekali dengan fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Selain diklaim lebih canggih dan memiliki tingkat akurasi yang jauh lebih baik dari versi biasa, pemindai sidik jari di bawah layar memungkinkan vendor untuk menerapkan desain layar penuh. Namun tampaknya Apple sedikit tertinggal dalam mengadopsi teknologi ini dan kabarnya baru hadir pada iPhone generasi mendatang.

Apple sejauh ini  masih menggunakan Touch ID dan FaceID  yang mendukung pengenalan wajah. Apple belum mengadopsi pemindai sidik jari di bawah layar ke jajaran iPhone lansiran 2019. Namun bukan berarti Apple mengesampingkan. Apple ternyata sudah mengajukan paten yang berkaitan dengan sensor sidik jari yang terletak di bawah layar sejak tahun 2017. Meskipun paten tersebut baru diterbitkan bertahun-tahun kemudian.

Sejak rilis iPhone X, Apple tampaknya telah memperkenalkan alternatif sistem pemindaian lain dari sensor sidik jari Touch ID, yakni sistem pengenalan wajah Face ID. Dengan pengecualian pada model iPad tertentu, perangkat ini praktis menjadi alternatif yang cukup diandalkan oleh Apple untuk menambah segi keamanan.

Sebuah paten yang ditemukan oleh Patently Apple, tampaknya menunjukkan sebaliknya. Apple akan meluncurkan iPhone generasi terbaru  yang akan dibekali dengan sensor sidik jari baru yang terletak di bawah layar. Patenly Apple menyebutkan bahwa Apple pertama kali mengajukan paten tentang teknologi sensor sidik jari di bawah layar  pada 2017, tetapi baru akhir 2019 diberikan kepada Apple. Paten ini merinci “sensor gambar optik di bawah layar”.

Sensor gambar optik mendeteksi data gambar biometrik yang terkait dengan data pengguna. Seperti, misalnya, data yang mewakili gambar biometrik sidik jari pengguna. Pengontrol dapat menjalankan fungsi otentikasi dengan mencocokkan data gambar biometrik yang diperoleh dengan data model biometrik yang disimpan dalam memori perangkat.

Dokumen tersebut dengan jelas membuktikan bahwa Apple tidak bertekad untuk meninggalkan mode otentikasi biometrik tersebut. Terutama karena hampir semua model smartphone high-end pesaing-pesaingnya sudah mengadopsi sensor sidik jari di bawah layar.

Sensor sidik jari optik baru Apple sejauh ini sudah digunakan dalam produk-produk terbarunya. Dengan MacBook Pro 16 inci terbaru, Apple memutuskan untuk “memisahkan” permukaan Touch ID dari Touch Bar. Tetapi Apple berniat untuk menggantikan sensor kapasitif oleh sensor optik.


Diprediksi bahwa iPhone generasi mendatang yakni iPhone 12 akan dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar, dan akan diperkenalkan pada tahun 2020. (*)

Sumber