pulsa-logo

Ini Dia Daftar Aplikasi yang Paling Populer dalam Satu Dekade


Nariswari

Kamis, 19 Desember 2019 • 11:58

Daftar Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh dalam Satu Dekade


ilustrasiilustrasi

Menjelang akhir tahun 2019, tidak sedikit dari kita yang bertanya-tanya aplikasi populer apa yang paling banyak diminati oleh konsumen. App Annie telah melakukan riset dan mengemukakan analisis yang cukup menarik terkait aplikasi-aplikasi apa saja yang paling banyak diunduh dan digemari oleh konsumen selama periode satu decade ini (2010 – 2019).

Retrospektif App Annie bertujuan untuk menganalisis semua aplikasi yang ada toko aplikasi smartphone periode 2010-2019, dan hasilnya didominasi oleh Facebook. Untuk sektor seluler, perkembangan aplikasi ini sangat penting, karena ini adalah dekade pertama sejarah di mana smartphone telah hadir dari awal hingga akhir.

App Annie mengambil kesempatan ini untuk menawarkan analisis menarik dari aplikasi yang telah mencapai jumlah unduhan terbesar dalam sejarah dan yang telah digunakan untuk waktu paling lama selama 10 tahun terakhir di perangkat berbasis OS Android dan iOS.

daftar aplikasi paling populer/courtesy: AppAnniedaftar aplikasi paling populer/courtesy: AppAnnie

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh App Annie, aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia adalah Facebook, diikuti oleh Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram. Perusahaan raksasa yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg tersebut tampak  “memonopoli”  jumlah presentase aplikasi populer yang berada di peringkat teratas.

Sangat menarik untuk dicatat bagaimana TikTok berhasil memposisikan dirinya di 10 besar. Meskipun booming di media sosial, dan kehadirannya penuh dengan kontroversi, TikTok adalah aplikasi yang relatif baru. Kepopuleran TikTok ini  salah satunya dikarenakan makin maraknya perangkat seluler di dunia, yang memungkinkan penggunanya untuk menciptakan konten video-video kreatif.

Sementara itu Netflix menduduki posisi pertama sebagai aplikasi yang paling sering digunakan. Sementara posisi yang kedua adalah aplikasi perjodohan  Tinder (sangat tidak tak terduga), yang diikuti kemudian oleh aplikasi lain yang ada ditautkan dengan streaming layanan musik atau video, seperti Pandora. Adapun aplikasi perpesanan LINE,harus cukup puas menduduki posisi ke-5 sebagai aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna. (*)


Sumber