pulsa-logo

Manajer Foxconn Dilaporkan Memproduksi dan Menjual iPhone dengan Komponen Bermasalah


PULSA

Jum'at, 20 Desember 2019 • 18:34

Manajer Foxconn Dilaporkan Memproduksi dan Menjual iPhone dengan Komponen Bermasalah


ilustrasiilustrasi

Foxconn merupakan mitra manufaktur utama Apple, di mana perusahaan tersebut bertanggung jawab untuk merakit produk-produk Apple seperti iPhone. Karena setiap komponen tidak mungkin sempurna, dan juga karena jaminan kualitas, tentu saja beberapa komponen ditolak karena dianggap tak memenuhi standar.

Ini adalah praktik umum di semua perusahaan, tetapi menurut laporan dari Taiwan News, tampaknya beberapa manajer Foxconn telah terlibat dalam skema penipuan di mana bekerja sama dengan pengusaha Taiwan, mereka mengambil komponen yang rusak untuk merakit iPhone yang kemudian dijual dengan kedok sebagai produk Apple yang asli dan sah. Skema ini dikatakan telah meraup pendapatan senilai 43 juta dolar dolar AS atau setara Rp600 miliar lebih.

Di bawah prosedur operasi normal perusahaan, komponen iPhone yang rusak biasanya akan dihancurkan, tetapi dalam kasus ini komponen tersebut tidak dihancurkan dan digunakan untuk membuat iPhone. Tampaknya skema ini telah berlangsung selama tiga tahun terakhir, tetapi baru awal tahun ini pada bulan Juni Apple dan CEO-nya, Tim Cook, diberitahu tentang hal itu.

Seperti diansir Ubergizmo, Foxconn sejak itu mengkonfirmasi bahwa penyelidikan sedang dilakukan dan seorang petinggi perusahaan menolak untuk berkomentar, dia hanya menyiratkan bahwa dengan perusahaan sebesar Foxconn dengan jumlah karyawan yang banyak, “Tidak percaya kejadian itu hanya melibatkan pada satu atau dua pekerja. " (*)

Sumber via