pulsa-logo

Tak Cuma Smartphone, Oppo akan Fokus ke Layanan Berbasis Internet di 2020


Nariswari

Kamis, 26 Desember 2019 • 11:21

Oppo akan Fokus ke Layanan Berbasis Internet di 2020


ilustrasiilustrasi

Perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di China, Oppo selama ini berhasil menempatkan posisinya yang kuat di bisnis smartphone selama hampir 11 tahun. Smartphone seperti Oppo N1, Oppo N3, Oppo Find 7 dan Oppo Find 7a telah disambut baik oleh konsumen. Dalam beberapa tahun terakhir, Oppo juga telah melebarkan sayapnya ke semua hal teknologi, termasuk pengembangan Artificial Intelegence (AI), cloud computing , dan Internet of Things (IoT). Oppo melihat layanan berbasis internet sebagai masa depan yang sangat cerah, dan ColorOS, Android UX Oppo memainkan peran utama dalam mencapai visi tersebut.

ColorOS saat ini memiliki lebih dari 320 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Meskipun angka-angka itu mungkin tampak sangat rendah mengingat jumlah total pengguna Android secara global. Namun angka tersebut masih fluktuatif dan terus berkembang. Perangkat lunak memainkan peran kunci, terutama akan menjadi menonjol dengan munculnya 5G, yang dianggap sebagai katalis untuk mengintegrasikan berbagai teknologi.

Di sinilah kemudian Oppo sedang melangkah untuk melampaui bisnis konvensional di smartphone, untuk terjun dan melebarkan sayap ke layanan berbasis internet di tahun 2020. Semakin banyak produsen smartphone sedang dalam perjalanan untuk meningkatkan pijakan mereka dalam bisnis layanan internet untuk menawarkan kepada konsumen terkait dengan teknologi AI yang lebih mendalam dan terhubung. Oppo saat ini  sedang merancang road map yang jelas dari berbagai perangkat, smartphone, aksesori, dan perangkat yang mendukung 5G. Oppo berencana untuk bergerak melampaui batas dari sekedar produsen  ponsel cerdas pada tahun 2020, menjadi penyedia layanan teknologi paripurna.

Berbagai hal telah dilakukan oleh Oppo untuk mengembangkan bisnis layanan internetnya. Oppo dalam hal implementasi 5G, setelah mengajukan permintaan paten di lebih dari 20 negara, di 2.500+ domain. Secara keseluruhan, Oppo telah mengajukan lebih dari 40.000 paten secara global, dan 14.000 di antaranya telah diterbitkan hingga saat ini. Oppo berada di urutan ketiga di China dalam hal jumlah paten yang diberikan kepada perusahaan domestik.

Oppo juga  saat ini memiliki enam lembaga penelitian dan empat pusat penelitian, yang mempekerjakan lebih dari 10.000 orang yang berdedikasi untuk riset dan development (R&D). Oppo selanjutnya berencana untuk menginvestasikan RMB $ 50 miliar dalam lima tahun ke depan, didedikasikan untuk AI, teknologi cloud computing, perangkat lunak, dan teknologi perangkat keras. (*)

Sumber