pulsa-logo

Gara-Gara Hal Sepele Ribuan iPhone Jadi Sampah


Nariswari

Kamis, 26 Desember 2019 • 11:35

Gara-Gara Hal Sepele Ribuan iPhone Jadi Sampah


ilustrasiilustrasi

Di tahun 2016, Apple meluncurkan smartphone  iPhone 7 Series. Banyak orang yang menyambut baik dengan lahirnya iPhone 7 tersebut, terutama dengan pembaruan dan fitur-fitur baru di dalamnya. Dengan iOS 7, Apple menjadikan iPhone dengan fitur Activation Lock yang membuat iPhone jauh lebih aman daripada sebelumnya. Fungsi kecil ini adalah fitur yang mencegah pencurian terhadap smartphone Apple. Sayangnya, fitur inilah yang menjadikan ribuan iPhone berakhir di tempat sampah tiap bulannya.

Meskipun fitur baru berfungsi sebagai cara terbaik untuk mengamankan iPhone milik pengguna, namun ini menjadi boomerang dan juga merupakan alasan utama mengapa banyak iPhone akhirnya menjadi barang yang tidak berguna. Idealnya, fungsi ini bekerja paling baik ketika pengguna menggunakan aplikasi Find My dan segera mengunci iPhone. Kunci hanya dapat dinonaktifkan setelah pengguna memasukkan Apple ID dan pengguna memasukkan kata sandi. Jika salah, perangkat tersebut tidak lebih menjadi barang rongsokan.

Menurut perusahaan spesialis perbaikan perangkat keras iFixit, ribuan iPhone yang menjadi barang rongsokan harus dihancurkan. Ironisnya, banyak pengguna iPhone yang tidak sadar menonaktifkan Activation Lock  dan menghapus rincian aplikasi Find My dengan benar di handset mereka. Jadi ketika mereka meng-upgrade ke smartphone baru, perangkat tersebut tak agi bisa dipakai lantaran tidak dapat diakses karena aplikasi Find My akan mengunci secara permanen jika iPhone tidak di-reset ulang.

Dikutip dari Gizmochina, Peter Schindler pendiri dan pemilik Wireless Alliance, pendaur ulang dan refurbisher barang-barang elektronik yang  berbasis Colarado, AS  mengatakan bahwa perusahaannya menerima sebanyak 4,000 hingga 6,000 unit iPhone terkunci setiap bulannya.

Peter Schindler juga mengatakan bahwa Apple harus menerapkan bypass yang akan memungkinkan pendaur ulang dan refurbisher bersertifikat untuk dapat membuka kunci perangkat yang dibuang atau disumbangkan jika barang elektronik tersebut tidak dilaporkan hilang atau dicuri. Selain ini adalah langkah yang bagus untuk dampak lingkungan, juga akan meminimalisir jumlah iPhone yang akan teronggok jadi barang rongsokan. (*)

Sumber