pulsa-logo

Rusia Mengklaim Telah Berhasil Ujicoba Internet Buatannya


PULSA

Jum'at, 27 Desember 2019 • 17:35

Rusia Mengklaim Telah Berhasil Ujicoba Internet Buatannya


ilustrasiilustrasi

Sejatinya Internet dirancang menjadi ruang terbuka untuk semua, tidak dikendalikan oleh satu negara atau pemerintah tertentu. Namun, terlepas dari itu, beberapa Negara di seluruh dunia telah berupaya melakukan pembatasan, terkait dengan norma atau keamanan di Negara yang bersangkutan.

Meskpipun upaya itu tak menjakin bisa seratus persen berjalan, sebab pengguna bisa mengubah DNS atau menggunakan VPN untuk bisa melewati pembatasan yang diberlakukan. Nah, mungkin upaya yang dilakukan oleh Rusia dalam rangka mengontrol penuh akses Internet di wilayahnya dengan membuat internet sendiri. Menurut sebuah laporan dari BBC, Rusia tampaknya telah berhasil menguji internetnya sendiri.

Apa artinya ini? Pada dasarnya dengan membuat internet sendiri, akan ada titik-titik pembatas di mana sebelum terhubung ke internet di seluruh dunia. Itu berarti akan memberikan control yang lebih luas bagi pemerintah atas jenis konten apa yang dapat diakses warganya. Menurut Kementerian Komunikasi Rusia, pengguna biasa yang termasuk bagian dari pengujian tidak melihat adanya perubahan.

Namun, menurut Justin Sherman, seorang pengamat kebijakan keamanan dunia maya New America, “Pemerintah Rusia telah mengalami tantangan teknis di masa lalu ketika mencoba meningkatkan kontrol Internet, seperti upaya yang sebagian besar tidak berhasil untuk memblokir Rusia dari mengakses aplikasi pesan terenkripsi Telegram. Tanpa informasi lebih lanjut tentang uji coba, sulit untuk menilai dengan tepat seberapa jauh Rusia telah berkembang di jalur menuju internet domestik yang terisolasi.", kata dia kepada BBC. (*)

Sumber