pulsa-logo

Dokter di AS Tuntut Apple Terkait Fitur di Apple Watch


Nariswari

Senin, 30 Desember 2019 • 13:27

Dokter di AS Tuntut Apple Terkait Fitur di Apple Watch


ilustrasiilustrasi

Salah satu fitur yang terbaru yang dihadirkan di Apple Watch adalah kemampuannya untuk memeriksa apakah pengguna mengalami Afib atau tidak. Afib adalah Fibrilasi atrial (bahasa Inggris: atrial fibrillation atau A-fib ( AF),  adalah simtoma ritme denyut abnormal yang terjadi di jantung, yang ditandai dengan aktivitas atrium yang cepat dan tidak efektif serta kontraksi ventrikular yang tidak teratur. Nah, berkat fitur pemantauan ECG yang ada di Apple Watch, telah menyelamatkan cukup banyak nyawa pengguna sejak diperkenalkan.

Nah, terkait dengan fitur kesehatan itu, Dr. Joseph Wiesel dari New York University, yang saat ini menuntut Apple ke jalur hukum. Dalam gugatan tersebut, dia mengklaim bahwa fitur Apple Watch telah melanggar paten miliknya terkait fitur pemantau Afib.

Seperti diansir Ubergizmo, Wiesel dianugerahi paten tersebut pada tahun 2006 yang menjelaskan cara memantau "irama denyut nadi tidak teratur dari serangkaian interval waktu tertentu". Wiesel juga mengklaim bahwa dirinya telah menghubungi Apple pada tahun 2017 terkait dengan kemitraan potensial. Akan tetapi tampaknya langkah kerjasama tersebut ditolak oleh Apple. Dalam gugatannya, Wiesel meminta pengadilan untuk memblokir Apple agar tidak menggunakan teknologi tersebut dan juga menuntut royalti.

Sejauh ini belum jelas, bagaimana kasus ini akan diselesaikan dan apakah mungkin Apple dan Wiesel dapat mencapai semacam kesepakatan terkait dengan paten fitur tersebut. (*)