pulsa-logo

Oppo, Vivo, dan Xiaomi Kerja Bareng Bikin Aplikasi Berbagi File Mirip AirDrop


Nariswari

Jum'at, 03 Januari 2020 • 16:24

Oppo Vivo dan Xiaomi Kerja Bareng Bikin Aplikasi Berbagi File Mirip AirDrop


doc Gizmochinadoc Gizmochina

Bagi pengguna perangkat berbasis iOS,  tentu sudah mengetahui bahwa iOS tidak memiliki alternatif berbagi melalui Bluetooth. Sebaliknya, pengguna Apple bergantung pada aplikasi AirDrop besutan Apple. Aplikasi AirDrop ini dibuat khusus oleh Apple untuk mengirim dokumen satu sama lain. Namun, jika dokumen tersebut perlu dikirim ke smartphone Android, pengguna Apple harus menggunakan email atau aplikasi.

AirDrop menggunakan konektivitas “campuran” antara  Bluetooth dan Wi-Fi untuk mengatur koneksi cepat dan aman antara dua perangkat Apple. Hingga saat ini, belum ada fitur seperti itu yang berfungsi di semua perangkat Android. Meskipun, beberapa perusahaan pembuat smartphone memiliki alternatif berbagi file kustom mereka sendiri.

Namun kondisi ini dalam waktu dekat dapat berubah setelah Oppo, Vivo dan Xiaomi membentuk “aliansi” untuk menggarap alternatif layanan berbagi file mirip AirDrop besutan Apple. Dalam sebuah pernyataan ke media, disebutkan bahwa Oppo, Vivo dan Xiaomi membentuk "Aliansi Transmisi Peer-to-Peer" untuk menggarap sebuah layanan yang memberikan pengalaman transfer file yang tak tertandingi kepada pengguna.

Sejauh ini dalam kerangka kerja mereka, layanan baru garapan Oppo Xiaomi dan Vivo tersebut belum memiliki nama. Akan tetapi layanan ini juga akan menggunakan Bluetooth dan WiFi P2P untuk memindahkan informasi antar perangkat.

Meskipun mengandalkan WiFi ponsel, kerangka kerja ini tidak akan memutuskan pengguna dari koneksi WiFi mereka dan dapat digunakan pada saat yang sama tanpa “campur tangan” dengan aplikasi lain yang sedang berjalan. Kerangka kerja baru menjamin kecepatan transfer normal 20MB / s dengan kecepatan maksimum yang berpotensi jauh lebih tinggi tergantung pada perangkat yang terlibat.

Kabarnya, smartphone pertama yang akan dirilis dengan layanan terbaru garapan Xiaomi, Vivo dan Oppo tersebut dijadwalkan akan debut pada bulan Februari 2020. Fitur ini akan diperluas ke model lain saat ponsel baru dirilis oleh tiga merek tersebut. (*)

Sumber