pulsa-logo

Samsung Luncurkan Ballie, Robot Pendamping Hidup Berbentuk Bola


Nariswari

Selasa, 07 Januari 2020 • 16:48

samsung,CES2019,CES 2019,robot samsung,ballie


(dokumentasi Ubergizmo)(dokumentasi Ubergizmo)

Merek Samsung selama ini lebih dikenal karena sebagai produsen berbagai produk seperti TV, smartphone, teknologi layar, dan piranti sandang. Akan tetapi tampaknya Samsung berharap bahwa  upaya mereka dalam mengembangkan teknologi robotiknya akan dapat diterima oleh poblik. Nah, pada event CES 2020 yang akan berlangsung pada tanggal 7-10 Januari 2020 di Las Vegas, AS, Samsung akan memperkenalkan perangkat robot terbaru bernama “Ballie”.

Ballie sejauh ini adalah perangkat robot yang masih berupa konsep. Seperti namanya, ini adalah robot yang dirancang unik, berbentuk bola. Menurut Samsung, mereka mengklaim bahwa ini akan menjadi "robot pendamping hidup" yang telah dirancang secerdas mungkin untuk membantu penggunanya. Sejauh ini memang belum banyak fitur yang diketahui mengenai Ballie. Termasuk  spesifikasi dan fitur-fiturnya, tetapi dari apa yang dapat kita lihat, Ballie memiliki kamera yang mungkin membantunya menemukan rute jalan di sekitar rumah.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Sebastian Seung (Vice President Executive and Head of Research di Samsung Electronics), mengatakan bahwa mereka percaya  bahwa teknologi AI adalah masa depan yang dapat dikembangkan dan dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan manusia. Menurutnya, AI pada teknologi yang memungkinkan perangkat Anda dapat mengendalikan informasi Anda dan melindungi privasi Anda, sambil tetap memberikan “kekuatan” personalisasi yang menyenangkan bagi penggunanya.

Namun, sejauh ini belum diketahui apakah Samsung memiliki rencana untuk memproduksi Ballie secara massal dan menjualnya pasar global. Namun lahirnya Ballie cukup jelas menunjukkan bahwa  Samsung memiliki ketertarikan yang  sangat besar di teknologi robotika. (*)

Sumber