pulsa-logo

CES 2020: Fitur Mendatang Google Assistant Bisa Bacakan Berita atau Artikel Panjang


PULSA

Rabu, 08 Januari 2020 • 11:08

Google Assistant Bisa Bacakan Berita,CES2020,CES 2020


ilustrasi/doc PULSAilustrasi/doc PULSA

Google Assistant terus mengembangkan fitur-fitur terbaru untuk mengungguli para pesaingnya seperti Siri, Alexa, dan Cortana. Belum lama ini di ajang CES 2020, Google mengumumkan fitur-fitur baru yang yang ditujukan yang lebih memudahkan pengguna ketika menggunakan smartphone, mobil, atau ketika di rumah.

Google mempermudah menghubungkan perangkat pintar ke Google Assistant melalui penggunaan tautan pemberitahuan yang akan muncul di ponsel Anda atau tombol saran yang muncul di aplikasi Google Home. Ini bakal menghemat waktu tanpa harus mengetik semua informasi yang terkait dengan akun Google Anda.

Akhir tahun ini, Google akan menambahkan fitur baru yang disebut “Scheduled Action” atau Pekerjaan Terjadwal yang memungkinkan Anda mengatur jadwal untuk perangkat pintar lain yang kompatibel di rumah. Misalnya, Anda dapat memberi tahu Google Asisten untuk memulai pembuat kopi pada pukul 6 pagi sehingga Anda dapat terbangun dengan secangkir diwaktu yang pas. Google juga menunjukkan bahwa 20 perangkat baru telah ditambahkan ke aplikasi Google Home untuk membantu Anda mengendalikan “AC, pembersih udara, bathtub, pembuat kopi, vakuum, dan lainnya."

Selain memperkenalkan fitur baru, Google juga membocorkan teknologi baru nantinya memungkinkan Google Assistant membaca konten dalam bentuk artikel panjang di smartphone Anda. Jadi, Anda cukup mendengarkan berita pada web favorit Anda hanya dengan mengatakan "Hai Google, read it" (bacalah) atau "Hai Google, read this page,” (baca halaman ini). Fitur ini nantinya akan berbeda dengan pembaca layar tradisional, pengalaman ini dibangun di atas dataset suara terbaru untuk menciptakan suara yang yang lebih ekspresif dan lebih alami, sehingga lebih mudah untuk mendengarkan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Konten tersebut dapat diterjemahkan ke dalam 42 bahasa yang berbeda, dan Google sedang mencari cara agar situs web menyorot bagian teks yang sedang dibacakan oleh Google sambil menggulir halaman secara otomatis. Fitur "Read This " akan tersedia di ponsel Android yang menjalankan versi 5.0 atau lebih tinggi pada akhir tahun ini. (*)

Sumber