pulsa-logo

MediaTek Umumkan Dimensity800, Chipset dengan Integrasi 5G yang Efisien


Nariswari

Rabu, 08 Januari 2020 • 14:00

MediaTek Umumkan Dimensity800di CES 2020


image: Gizchinaimage: Gizchina

Beberapa hari yang lalu sempat dikabarkan bahwa MediaTek diam-diam mengumumkan processor terbarunya yang dinamakan MediaTek Dimensity 800. Nah, kemarin MediaTek akhhirnya resmi meluncurkannyake publik dan merilis beberapa rincian lebih lanjut tentang chip 5G terbarunya tersebut.

MediaTek Dimensity 800 adalah SoC dengan modem 5G terintegrasi di dalamnya, yang diklaim oleh MediaTek menghadirkan fungsi unggulan, efisiensi energi, dan memungkinkan pengalaman ponsel 5G “kelas high-end”.

MediaTek Dimensity 800 diproduksi menggunakan proses 7nm TSMC, mendukung pita frekuensi 5G Sub-6GHz, jaringan modul ganda SA / NSA, koneksi seluler generasi kedua 2G-5G, teknologi berbagi spektrum dinamis (DSS) dan layanan suara VoNR.

Perlu disebutkan juga bahwa processor MediaTek Dimensity 800 mendukung 5G dual carrier aggregation (2CC CA). Jadi, dibandingkan dengan solusi lain yang hanya mendukung single carrier (1CC tanpa CA), jangkauan jaringan 5G meningkat 30% dengan mengaktifkan beberapa koneksi. Sementara itu, penggunaan processor MediaTek Dimensity 800  juga membawa switching mulus dan throughput rata-rata yang lebih tinggi.

Seperti yang telah kita ketahui, Dimensity 1000 mengintegrasikan empat inti CPU Cortex A77 dan empat A55, dengan frekuensi teratas masing-masing 2.6GHz dan 2.0GHz. Sementara itu Dimensity 800 adalah “kombinasi” dari empat inti A76 dan empat A55, dengan frekuensi tertinggi 2,6 GHz dan 2,0 GHz.

MediaTek Dimensity 800 mendukung kelola grafis Mali G77 (Mali G79 untuk Dimensity 1000) dan mendukung untuk refresh rate 90Hz dan resolusi Full HD+. Selain itu, pengoptimalan MediaTek HyperEngine menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Sama seperti processor Dimensity 1000, pada processor MediaTek Dimensity 800 juga menghadirkan prosesor AI independen APU 3.0 dengan arsitektur empat inti. Ini terdiri dari tiga jenis core yang terdiri dari  core besar, core kecil dan mikro. Pengaturan ini memungkinkan kinerja AI hingga 2,4TOPS (2,4 triliun perhitungan per detik).


Bagi mereka yang tidak sadar, angka-angka ini penting ketika kita menggunakan perangkat lunak AI seperti yang ditemukan di aplikasi kamera. MediaTek Dimensity 800 dapat mendukung hingga empat kamera. Dan resolusi sensor tunggal maksimum adalah 64MP. Konfigurasi kamera paling umum  adalah kamera utama 32MP + 16MP dan dua kamera lainnya adalah depth sensor camera dan ultra wide lens yang bekerja semuanya secara bersamaan.

Dari segi fitur, MediaTek Dimensity 800 SoC mendukung fokus otomatis AI, pencahayaan otomatis, fitur white balance otomatis, pengurangan noise AI NR, high dynamic range HDR, face detection, dan fungsi video HDR multi-frame 4K pertama di dunia.

Kabarnya, smartphone pertama yang akan menjalankan processor MediaTek Dimensity 800  akan tersedia pada paruh pertama tahun 2020. Namun belum diketahui merek smartphone apa yang akan mencicipi processor ini. (*)

Sumber