pulsa-logo

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 720G, 662, dan 460


Arief Burhanuddin

Selasa, 21 Januari 2020 • 14:58


Qualcomm hari ini (21/1) mengumumkan tiga mobile platform terbarunya, yaitu Qualcomm Snapdragon 720G, 662 dan 460 yang berfokus meningkatkan pengalaman pengguna di bidang konektivitas, gaming dan hiburan. 

Tiga mobile platform ini mendukung konektivitas 4G, Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 terintegrasi dengan teknologi audio canggih melalui subsistem Qualcomm® FastConnect™ seri 600, mendukung Dual-Frequency (L1 dan L5) GNSS (Global Navigation Satellite System) untuk memberikan lokasi yang akurat di berbagai area, dan merupakan solusi system-on-chip pertama untuk mendukung Navigasi dengan Indian Constellation (NavIC). 

Didesain untuk memberikan pengalaman pengguna AI terbaru di bidang fotografi, voice assistant, dan tampilan skenario always-on untuk kesadaran kontekstual, tiga platform baru ini juga mendukung Qualcomm® AI Engine dan Qualcomm® Sensing Hub.

“Pengguna ponsel pintar saat ini menginginkan konektivitas yang cepat, tanpa batas, fitur-fitur canggih dan baterai yang tahan lama,” kata Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. “Perluasan portofolio 4G kami membuat mitra kami dapat menawarkan solusi canggih yang memenuhi permintaan dunia dan memberikan pengalaman gaming yang luar biasa di berbagai lapisan dan segmen harga.”

Pertama kalinya didukung di perangkat seluler, Qualcomm® Location Suite sekarang didukung hingga tujuh satelit secara bersamaan, termasuk penggunaan semua satelit operasi NavIC untuk lokasi yang lebih akurat, penguncian lokasi awal atau TTFF (time-to-first-fix) yang lebih cepat, dan peningkatan layanan berbasis lokasi agar lebih akurat.

Snapdragon 720G



Snapdragon 720G memiliki fitur gaming Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™. Snapdragon 720G menghadirkan permainan game HDR yang mulus, permainan warna dan kontras yang dinamis, penampilan game yang realistis dan imersif, serta suara tersinkronisasi berkualitas tinggi dengan Qualcomm® aptX ™ Adaptive. 

Selain bermain game, Snapdragon &20G juga mendukung video HDR dan streaming video super-smooth dengan Qualcomm Spectra ™ 350L ISP (image signal processor). 

Anda juga dapat mengambil video 4K atau mengambil foto sebesar 192 megapiksel. Snapdragon 720G juga menghadirkan Qualcomm® AI Engine generasi ke-5 terbaru dengan Qualcomm® Hexagon™ Tensor Accelerator yang ditingkatkan dan memungkinkan sejumlah pengalaman AI baru untuk gaming, fotografi, voice assistant, dan kesadaran kontekstual yang always on. Snapdragon X15 LTE modem yang terintegrasi mendukung 3-carrier aggregation, 4x4 MIMO untuk dua carrier dan modulasi 256-

QAM (quadrature amplitude modulation) untuk kecepatan unduh hingga 800 Mbps – membuat pengunduhan aplikasi secara cepat dan memperlancar streaming dan berbagi video. Selain itu, dengan subsistem FastConnect 6200, Snapdragon 720G menggandakan kecepatan dan jangkauan Wi-Fi untuk permainan dan penelusuran website, dibandingkan dengan perangkat yang memiliki satu antena, dan juga menghadirkan fitur utama dari Wi-Fi 6 seperti penggunaan antena 8x8 dengan MIMO multi-pengguna untuk 2x peningkatan dibandingkan perangkat Wi-Fi 6 yang kompetitif, Target Wake Time untuk efisiensi daya hingga 67% dan rangkaian keamanan WPA3 yang lengkap, serta Bluetooth 5.1 terintegrasi dengan kemampuan audio canggih. 

Terakhir, Anda akan merasakan penghematan daya dan peningkatan kinerja karena proses teknologi 8nm Snapdragon 720G dan arsitektur CPU yang ditingkatkan.

Snapdragon 662

Snapdragon 662 menghadirkan kemampuan kamera dan AI yang menakjubkan dengan menggandeng Qualcomm Spectra 340T terbaru yang mendukung konfigurasi tiga kamera baru dan peralihan yang mulus di antara keduanya — pertama dalam seri 600-. ISP yang lebih kuat akan mendukung pengambilan foto dalam format HEIF (high efficiency image file) untuk kualitas gambar yang menakjubkan dengan ukuran setengahnya. 

Penambahan pada Qualcomm AI engine generasi ke-3 dengan Hexagon Vector Extensions dan Qualcomm Spectra 340T juga akan memberikan pengalaman pengguna berbasis AI seperti avatar, fotografi malam, dan otentikasiwajah dan suara. Snapdragon 662 juga dilengkapi Snapdragon X11 LTE modem baru dengan kecepatan unduh hingga 390 Mbps berkat 2-carrier aggregation, 2x2 MIMO dan modulasi 256-QAM, dengan kecepatan unggah hingga 150 Mbps untuk mendukung penjelajahan web dan media sosial yang cepat.

Snapdragon 460

Untuk pertama kalinya dalam seri 400, Snapdragon 460 menampilkan performa CPU dan arsitektur GPU yang diperbarui, masing-masing menghasilkan peningkatan hingga 70% untuk inti CPU dan 60% untuk arsitektur GPU2. 

Sementara itu, kinerja sistem secara keseluruhan menigkat 2 kali dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor Hexagon dengan Qualcomm® Hexagon ™ Vector eXtensions (HVX) juga diperkenalkan ke dalam seri 400 untuk pertama kalinya, dilengkapi dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-3 dan Qualcomm Sensing Hub untuk pengalaman AI baru dalam fotografi dan voice assistance. Qualcomm Spectra 340 ISP juga merupakan salah satu dari banyak tambahan baru pada seri 400, memungkinkan platform untuk mengambil foto yang menakjubkan dan memberi dukungan untuk tiga kamera. 

Modem Snapdragon X11 LTE terintegrasi memungkinkan untuk kecepatan unduh hingga 390 Mbps dan mengunggah hingga 150 Mbps.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 85 perangkat komersial berbasis Snapdragon mobile platform seri 700, lebih dari 1.600 perangkat komersial berbasis Snapdragon mobile platform seri 600, dan lebih dari 2.500 perangkat komersial berbasis Snapdragon mobile platform seri 400 telah diumumkan oleh OEM global3. Jika digabungkan, ketiga lini platform ini telah berhasil mencapai lebih dari 4.000 desain - suatu prestasi yang mengesankan untuk segmen ini.

Perangkat berbasis Snapdragon 720G diharapkan tersedia secara komersial pada Q1 2020 dan perangkat berbasis Snapdragon 662 dan 460 diperkirakan akan tersedia secara komersial pada akhir tahun 2020.