pulsa-logo

Huawei Gandeng TomTom, Jadi Pengganti Google Maps?


Nariswari

Kamis, 23 Januari 2020 • 00:15

Huawei Gandeng Layanan Pemetaan TomTom,tomtom vs google maps


ilustrasiilustrasi

Sejak Pemerintah AS menetapkan pelarangan perdagangan ke Huawei pada Mei tahun lalu, tampaknya Huawei bergerak cepat ketika harus “beradaptasi” dan menemukan solusi dan pendekatan alternatif yang akan diaplikasikan di perangkat terbaru mereka. Mungkin hal tersebut adalah suatu keharusan, jika ingin terus eksis di bisnis smartphone dan memasarkannya di negara Barat.

Langkah terbaru yang dilakukan oleh Huawei, diumumkan pada hari Jumat (17/1) oleh juru bicara TomTom - Remco Meerstra. Rupanya Huawei dan perusahaan navigasi besar bernama TomTom telah membangun kesepakatan kerjasama dan kemitraan.

Meski tidak dijelaskan seluk beluk, dan detail tentang latar belakang kerjasama tersebut, namun banyak pihak yang berasumsi bahwa Huawei akan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan dari layanan TomTom yang sedang berkembang dan mendasarkan banyak aplikasi dan platform independennya sendiri pada teknologi pemetaan / navigasi yang dibuat oleh TomTom.

Perlu dicatat bahwa Huawei benar-benar telah mengembangkan layanan cloud akhir-akhir ini, dan ini semakin mendekatkan mereka dengan layanan Google. Kita lihat saja, seperti apa bentuk layanan pemetaan yang sedang dikembangkan oleh Huawei dan TomTom tersebut, dan jika benar akan diaplikasikan ke perangkat smartphone generasi mendatang, tentu layanan tersebut harus siap bersaing dengan layanan serupa besutan Google. (*)

Sumber