pulsa-logo

Smartwatch Oppo Bakal Punya Sensor ECG Mirip Apple Watch


Nariswari

Rabu, 29 Januari 2020 • 03:42

Smartwatch Oppo Bakal Punya Sensor ECG Mirip Apple Watch


ilustrasiilustrasi

Bulan lalu Oppo merilis beberapa teaser jam tangan pintar pertamanya di online, akan tetapi tidak mengungkapkan banyak hal terkait dengan fitur dan spesifikasi yang akan diusungnya. Nah, kemarin (27/1) Digital Chat Station di Twitter  mengungkapkan beberapa bocoran tentang smartwatch Oppo tersebut. Dalam postingannya tersebut, disebutkan bahwa smartwatch Oppo itu akan menampilkan sensor ECG.

Sensor ElectroCardioGram (ECG) mendeteksi sinyal listrik dari jantung Anda. Dengan Sensor ECG ini, memungkinkan smartwatch Oppo dapat membaca detak jantung Anda (detak per menit) dan ritme (keteraturan) irama jantung, bahkan dapat melihat tanda-tanda fibrilasi atrium.

Bandingkan dengan sensor detak jantung optik yang lazim di jam tangan pintar dan smartband lain yang kebanyakan hanya mengukur denyut jantung (dan kadang-kadang SpO2).

Apple adalah merek pertama yang memperkenalkan sensor EcG pada jam tangan pintar (dengan menghadirkannya di Apple Watch Series 4), dan sejak itu EKG juga dihadirkan oleh merek lain seperti Samsung (di Samsung Galaxy Watch Active2), Withings (ScanWatch) dan Xiaomi / Amazfit (Verge 2).

Selain akan menghadirkan sensor ECG, jam tangan pintar Oppo akan menampilkan layar persegi panjang. Bukan layar berbentuk bulat. Seperti dilansir GSMArena, Brian Shen (Vice President Oppo) berpendapat bahwa desain persegi panjang ini memungkinkan lebih banyak informasi untuk dimuat di layar. Sementara layar bundar lebih dioptimalkan untuk “estetika”. Jam tangan Oppo diperkirakan akan diluncurkan pada Q1 tahun ini. (*)

Sumber