pulsa-logo

Memantau Penyebaran Virus Corona Secara Online


Nariswari

Rabu, 29 Januari 2020 • 03:48

virus,virus corona,korban virus corona,penyebaran virus corona


Dashboar pemantau virus corona (doc Ubergizmo)Dashboar pemantau virus corona (doc Ubergizmo)

Merebaknya virus Corona  merupakan masalah yang semakin meresahkan bagi semua orang di seluruh dunia. Tidak hanya terbatas terkena virus, akan  tetapi 81 orang yang terkena dampak telah meninggal sejauh ini. Meskipun ini merupakan situasi yang mengkhawatirkan dan memilukan bagi kota Hubei di China (yang disinyalir adalah kota pertama penyebaran virus Corona berasal), banyak kabar  yang  mengkonfirmasi bahwa kasus ini sudah menyebar ke negara lain juga, termasuk Indonesia.

Pasca menyebarnya virus Corona, China telah memberlakukan karantina ketat di kota-kota afektif. Namun tetap saja, virus ini menyebar dengan cepat. Dan banyak kasus baru yang bermunculan setiap hari.

Di sinilah, sangat dibutuhkan semacam tools atau alat bantu yang dapat untuk melacak penyebaran virus Corona ini. Dan ini sangat dibutuhkan untuk mewaspadai masyarakat dari cepatnya penyebaran virus Corona di seluruh dunia.

Oleh karena itu, Pusat Sains dan Teknik Sistem (CSSE) di Johns Hopkins University (JHU) mengembangkan “Dashboard Online” yang akan membantu Anda melacak setiap laporan virus Corona secara real-time di seluruh dunia.

Tentu saja, “Dashboard Online” ini adalah sesuatu yang sangat berguna untuk keadaan darurat  kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung. CSSE juga menyebutkan bahwa data kasus yang pisualisasikan sedang dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk WHO, CDC AS, ECDC China CDC (CCDC), NHC dan DXY.

Dengan kata lain, sumber “Dashboard Online” adalah kumpulan dari organisasi pelaporan tingkat nasional, internasional dan organisasi lokal. Mempertimbangkan bahwa total sudah ada 2.886 kasus virus Corona yang dikonfirmasi, maka “Dashboard Online”  akan menjadi sumber daya yang mudah dan bermanfaat untuk dirujuk oleh publik alih-alih menonton berita lokal setiap menit dengan mengurai angka yang membingungkan.

Anda dapat melihat “Dashboard Online” secara real time di tautan ini . (*)


Sumber