pulsa-logo

Terungkap, Nokia Lagi Garap Ponsel Fitur Rasa Google


Nariswari

Rabu, 29 Januari 2020 • 23:26

Nokia Lagi Garap Ponsel Fitur ‘Rasa’ Google


POnsel fitur Nokia 3310 (ilustrasi)POnsel fitur Nokia 3310 (ilustrasi)

Tahun ini Nokia tampaknya akan kembali menambah seri ponsel dasarnya (ponsel fitur). Sejak HMD Global mengambil alih kepemilikan Nokia, mereka terus berupaya untuk meningkatkan konektivitas ponsel dasar dari hanya konektivitas 2G ke 4G. Misalnya saja Nokia 3310 4G klasik adalah salah satu ponsel dasar pertama yang diluncurkan dengan perangkat keras yang memenuhi konektivitas 4G. Kini, Nokia dikabarkan sedang menggarap ponsel dasar generasi berikutnya yang dilengkapi dengan konektivitas 4G. Ponsel tersebut akan dinamakan sebagai Nokia 400 4G.

Perangkat ini hadir dengan nomor model “TA-1208” dan baru-baru ini mendapatkan sertifikasi Bluetooth serta Wi-Fi Alliance. Berdasarkan bocoran sertifikasi tersebut juga berisi beberapa detail utama perangkat, salah satunya adalah dukungan fitur Bluetooth 4.2 dan LTE.

Nokia 400 4G akan ditenagai oleh prosesor Unisoc dan fitur komponen Wi-Fi SC234X. Uniknya, Nokia 400 4G akan menjalankan sistem operasi GAFP besutan Google. OS GAFP adalah merupakan versi OS Android yang ditujukan untuk ponsel dasar (feature phone).

Sebuah teaser berupa video muncul akhir tahun lalu yang menunjukkan ponsel dasar Nokia yang bekerja pada sistem operasi Android 8.1. Perangkat tersebut terdaftar dengan menjalankan OS GAFP, akan tetapi sejak itu belum ada tanda-tanda bahwa Nokia akan benar-benar berani untuk menggarap ponsel dasar yang menjalankan OS GAFP. Selain itu, “TA-1208” sebelumnya juga telah muncul di laman website BIS yang mengindikasikan bahwa perangkat tersebut akan diluncurkan di India. (*)

Sumber