pulsa-logo

Samsung Patenkan UTG, Teknologi Layar Lipat untuk Generasi Mendatang


Nariswari

Senin, 03 Februari 2020 • 21:07

Samsung patenkan teknologi layar utg,samsung,layar lipat,galaxy fold


image: Letsgodigital/doc GSMArenaimage: Letsgodigital/doc GSMArena

Smartphone berdesain layar lipat belakangan ini menarik banyak perhatian publik karena faktor bentuk  dan desainnya yang inovatif. Sementara ini kita melihat ponsel cerdas berdesain layar dapat dilipat dengan komponenlayar yang semuanya dibuat dengan lensa plastik yang rapuh. Jelas, penggunaan layar plastik ini sangat mudah tergores dan dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Kini kabar terbaru menyebutkan bahwa smartphone lipat Samsung yang akan datang akan menggunakan jenis kaca ultra-tipis generasi terbaru. Laporan terbaru dari LetsGoDigital menyebutkan bahwa Samsung mengajukan paten baru ke EUIPO (Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa) tentang komponen kaca lipat.

Logo merek dagang UTG mungkin berarti "Ultra Thin Glass" dan bisa menjadi merek Samsung untuk memasarkan komponen kaca layar lipat. Merek dagang akan digunakan untuk perangkat Samsung yang dapat dilipat untuk generasi mendatang.

Komponen kaca ini lebih tahan lama dan tahan gores dibandingkan plastik. Namun, bahan kaca ini sangat tipis dan tingkat ketebalannya sekitar 30 mikron tipis, sekitar setengah ketebalan rambut manusia. Dan komponen ini memiliki daya tahan lebih lama dan tahan gores, meski masih harus dilihat dalam penggunaan sehari-hari.

Corning Gorilla Glass  berencana akan bekerjasama dengan perusahaan atau mitra untuk mengembangkan komponen kaca lipat untuk diaplikasikan ke smartphone lipat masa depan. Akan tetapi tenggat waktu 12 hingga 18 bulan yang mereka berikan tidak sejalan dengan rilis Samsung Galaxy Z Flip. Jadi saat ini, kita belum tahu perusahaan mana yang akan sanggup membuat kaca lipat semacam ini.

Sejauh ini  kita telah melihat beberapa desas-desus tentang perangkat Galaxy Fold generasi mendatang, yang akan menawarkan dukungan stylus S Pen. Dan karena mendukung S Pen, maka perangkat ini tidak akan memiliki pilihan lain, selain komponen layarnya harus terbuat dari kaca  dan atau mungkin UTG. (*)

Sumber