pulsa-logo

Dampak Virus Corona, Peluncuran Sony PS5 dan Xbox X Series Kemungkinan Tertunda


Nariswari

Senin, 10 Februari 2020 • 11:20

Peluncuran Sony PS5 dan Xbox X Series Kemungkinan Tertunda


Logo PS5/doc PULSA/istimewaLogo PS5/doc PULSA/istimewa

Konsol gen berikutnya yang banyak ditunggu-tunggu oleh publik yakni Sony PS5 dan Xbox Series X  kemungkinan akan mengalami “sedikit keterlambatan”. Informasi yang datang dari orang dalam di industri di China tersebut mengatakan bahwa penyebaran wabah virus Corona saat ini dapat memperlambat atau mengubah proses produksi kosol terbaru tersebut. Hal ini berarti jadwal peluncuran kedua konsol tersebut kemungkinan besar akan ditunda hingga beberapa minggu atau bulan, hingga mereka telah siap untuk memenuhi jumlah produksi yang diharapkan.

Seperti diketahui, konsol generasi berikutnya dari Sony dan Microsoft, seperti banyak produk teknologi lainnya saat ini, sebagian besar diproduksi di China dengan komponen utama yang juga dibuat di China. Jadi, dengan penyebaran wabah virus Corona di China, tentu memberikan dampak keterlambatan di beberapa lini produksi. Virus Corona dapat memiliki efek domino di setiap bagian dari proses pembuatan, perakitan, hingga distribusi produk tersebut.

Beberapa hari yang lalu, Daniel Ahmad (seorang analis industri video game) mengatakan di Twitter bahwa Sony, Microsoft dan Nintendo terancam dalam proses produksinya. Ia mengatakan bahwa 96% konsol yang diimpor ke AS pada 2018 diproduksi di China. Karenanya, virus Corona berdampak serius pada proses manufaktur Sony dan Microsoft di China.

Selain itu, keterlambatan lini produksi tidak hanya berarti menunda jadwal peluncuran konsol generasi berikutnya, akan tetapi juga dapat menyebabkan kekurangan di pasar konsol saat ini seperti Nintendo Switch. Konsol Nintendo Switch saat ini merupakan perangkat yang sangat populer dan kami tidak akan terkejut jika Nintendo gagal memenuhi permintaan pelanggan yang sangat besar, dikarenakan wabah virus Corona.

Playstation 5 dan Xbox Series X akan mengemas CPU octa-core Zen 2 dengan teknologi SMT; AMD Radeon RDNA Navi GPU core yang dibuat khusus, dengan dukungan teknologi Ray Tracing (setidaknya di Xbox); Dukungan refresh rate 4K, 8K dan 120hz; solid state drive dan banyak lagi fitur keren di dalamnya. (*)

Sumber