pulsa-logo

Jangan Sampai Rusak, Smartphone Layar Lipat Motorola Razr Terlalu Sulit Diperbaiki


Nariswari

Jum'at, 14 Februari 2020 • 15:50

Smartphone Layar Lipat Motorola Razr Terlalu Sulit Diperbaiki


Moto RAZR/doc PULSA/istimewaMoto RAZR/doc PULSA/istimewa

Motorola Razr adalah smartphone lipat pertama Motorola yang memiliki desain sangat unik. Meskipun dibanderol dengan harga cukup mahal, dan spesifikasi kelas menengah nyatanya Motorola Razr cukup berhasil menyedot animo publik. Tapi bagaimana dengan bagian dalamnya? Seberapa mudahnya konsumen untuk memperbaiki semua bit dan bagian di smartphone ini jika mengalami kerusakan?

Itulah yang membuat para ahli bongkar pasang di iFixit mencoba untuk mencari tahu. Mereka menemukan fakta yang kurang menyenangkan terkait Motorola Razr. Smartphone ini sayangnya tidak termasuk smartphone yang mudah untuk diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Bahkan, Motorola Razr mendapat skor perbaikan 1 dari 10 (di mana skor 10 berarti akan lebih mudah untuk diperbaiki). Cukup banyak artinya hampir mustahil untuk memperbaiki sendiri. Satu-satunya aspek yang baik adalah bahwa Anda hanya akan memerlukan driver T3 Torx standar, dan fakta bahwa layarnya memang masih bisa diganti/ diperbaiki jika mengalami kerusakan. Meski perbaikannya tidaklah mudah.

Di sisi lain, penutup luar terpasang dengan sangat keras. Selain itu mengganti baterai membutuhkan pembongkaran handset yang hampir total, port pengisian daya disolder langsung ke mainboard (yang berarti tidak dapat diganti sendiri), sementara kompleksitas keseluruhan konstruksi bagian dalam dan susunan kabel flex menghasilkan lingkungan perbaikan yang sangat rumit. (*)

Sumber