pulsa-logo

Lensa Kontak untuk Membantu Penyandang Buta Warna Sedang Dikembangkan


PULSA

Jum'at, 06 Maret 2020 • 17:39

Lensa Kontak untuk Membantu Penyandang Buta Warna Sedang Dikembangkan


ilustrasi/doc PULSAilustrasi/doc PULSA

Sepasang lensa kontak berteknologi tinggi untuk membantu mereka yang memiliki buta warna sedang dikembangkan. Saat ini sudah banyak olusi untu k mengatasi buta warna, tetapilensa kontak ini disebut bakal menjadi yang terbaik.

Memang, alat ini belum bisa didapatkan untuk saat ini karena masih dalam penelitian. Tetapi begitu lensa kontak tersebut jadi, tentu akan banyak membantu orang.

Dalam keterangan pers-nya, seperti dikutip dari Ubergizmo, menyebutkan bahwa para peneliti telah memasukkan perangkat optik ultra-tipis yang dikenal sebagai metasurfaces ke dalam lensa kontak off-the-shelf untuk memperbaiki deuteranomaly. Nantinya, bentuk kebutaan warna merah-hijau bakal bisa dibantu oleh lensa kontak berteknologi tinggi ini.

Untuk menjelaskan lebih lanjut, penelitian ini juga menyebutkan bahwa lensa kontak menggunakan metasurfaces berdasarkan elips emas ukuran nano-metrik untuk menciptakan cara yang disesuaikan, kompak dan tahan lama untuk mengatasi kekurangan ini.

Secara keseluruhan, bakal banyak hal yang dikerjakan agar lebih presisi - tetapi untuk kebaikan yang lebih besar. Secara teknis, ini adalah alternatif yang lebih baik daripada alat bantu yang kini tersedia – dan akan lebih baik seperti yang disebutkan peneliti. Untuk saat ini, tes klinis bakal  dilakukan sebelum dipasarkan. (*)