pulsa-logo

Aplikasi Benchmark AnTuTu Dihapus dari Google Play Store, Ada Apa?


Nariswari

Senin, 09 Maret 2020 • 19:28

Aplikasi Benchmark AnTuTu Dihapus dari Google Play Store


ilustrasi/doc PULSA/istimewailustrasi/doc PULSA/istimewa

Jika Anda perhatikan, sejak beberapa hari yang lalu, diam-diam aplikasi benchmark AnTuTu  “lenyap” dari Google Play Store. Apa yang terjadi pada AnTuTu? Tidak ada jejak sama sekali tentang keberadaan aplikasi benchmark tersebut di Play Store.

Benchmark AnTuTu 3D, Benchmark AnTuTu, dan Benchmark AITUTU (aplikasi ini untuk evaluasi kinerja kecerdasan buatan atau AI) diam-diam telah “menghilang” secara misterius dari Gogole Play Store. Setelah melakukan pembaruan aplikasi masing-masing pada bulan Februari 2020, semuanya lalu menghilang. Apa alasan utama AnTuTu  menghilang? Ada apa gerangan?

Kabarnya, Google menemukan adanya pengulangan pelanggaran kebijakan AnTuTu yang dilakukan oleh Cheetah Mobile, pemilik aplikasi yang bersangkutan. Jika Anda mengakses halaman salah satu aplikasi (melalui WebArchive) dan klik Privasi di bagian bawah, maka situs web Cheetah Mobile akan langsung terbuka. Dengan kata lain, pengembang dan kepemilikan aplikasi populer  AnTuTu adalah milik perusahaan pengembangan aplikasi yang berbasis di China tersebut.

Entah benar atau tidak alasan tersebut, namun AnTuTu sebenarnya hilang dari Play Store setelah adanya  tuduhan penipuan iklan dan pelanggaran kebijakan privasi.

Google telah mengeluarkan kebijakan “tanpa kompromi” terhadap perusahaan-perusahaan pengembang yang berpartisipasi di Google Play Store. Sebenarnya ini adalah ironis. Karena jauh sebelumnya, Google sempat memuji-muji perusahaan-perusahaan pengembang yang berbasis di Asia, termasuk Cheetah Mobile. Termasuk menceritakan dan memuji kisah sukses Cheetah Mobile. Namun kini Google sudah menghapus artikel tersebut. Aplikasi Cheetah Mobile sepenuhnya dihilangkan dari Play Store pada bulan Februari 2020. Jadi, tautan ke toko Android virtual di situs web resmi telah diganti dengan APK.

Kini bagi pengguna yang ingin menginstal AnTuTu sekarang harus mengunduh file APK ke  perangkat mereka. Dan kemarin (8/3), Amelie Liu, Manajer Pemasaran Global Antutu telah menghubungi pihak media untuk mengklarifikasi masalah yang terjadi. Malie Liu menyampaikan klarifikasi mengenai penghapusan aplikasi AnTuTu dari Google Play Store.

Sebenarnya team di AnTuTu telah menerima email pemberitahuan dari Google pada tanggal 7 Maret 2020 yang memberi tahukan bahwa Antutu adalah salah satu akun penerbit yang  terkait dengan Cheetah Mobile. Hal ini menyebabkan semua aplikasi Antutu dihapus dari Play Store. Namun faktanya, ada kesalahpahaman tentang itu. Antutu BUKAN akun yang terkait Cheetah Mobile !


Antutu didirikan pada tahun  2011, bahkan sebelum Cheetah Mobile ada, dan merupakan salah satu pengembang awal yang ikut berpartisipasi di Google Play. Cheetah Mobile berinvestasi pada AnTuTu di sekitar tahun 2014 dan menjadi salah satu pemegang saham sejak saat itu. Namun, AnTuTu masih menyimpan banyak akun saham dan operasi Independen perusahaan serta akun Google Play independen mereka sendiri. Cheetah Mobile tidak pernah menyentuh akun Google Play, dan AnTuTu belum melakukan promosi perangkat lunak Cheetah Mobile.

Kemungkinan, alasan salah penilaian Google adalah karena karena AnTuTu membeli dan menggunakan layanan hukum dari Cheetah Mobile, sehingga tautan kebijakan privasi AnTuTu menggunakan alamat cmcm.com. Pihak AnTuTu sangat  berharap Google dapat memeriksa akun Antutu dengan hati-hati dan pada  akhirnya dapat  menyelesaikan kesalahpahaman ini sesegera mungkin.

Sejak AnTuTu dihapus dari Google Play Store, pengguna sekarang harus mengunduh file APK dari situs resmi platform benchmark untuk menginstal aplikasi benchmark dan menguji perangkat mereka. (*)

Sumber: 1, 2