pulsa-logo

OPPO Siap Kembangkan Ekosistem IoT, AI dan 5G di Indonesia


Hairuddin

Selasa, 10 Maret 2020 • 23:20

OPPO, IoT, 5G, AI, Forwat, Forum Wartawan Tekno, Ekosistem IoT, Brenoo, Tren IoT dan AI


Ekosistem IoT OPPOEkosistem IoT OPPO

Pada ajang OPPO INNO Day yang digelar awal Desember 2019 lalu, vendor asal Tiongkok ini sudah menegaskan bahwa OPPO tidak lagi sebagai smartphone company, tapi akan menjadi perusahaan berbasis teknologi.

Komitmen tersebut pun kembali dipertegas oleh PR Manager OPPO, Aryo Meidianto dalam acara perkenalan Forum Wartawan Teknologi (Forwat) di Jakarta, Selasa (10/3). “OPPO akan merubah imej perusahaan menjadi ‘Technology Company’, dan akan fokus menggarap ekosistem cerdas di tahun 2020 ini”, ungkap Aryo.

OPPO sendiri sudah berencana menginvestasikan 7 miliar USD Dolar untuk pengembangan litbang 3 tahun kedepan untuk mengembangkan teknologi inti perangkat keras, perangkat lunak dan 5G, AI, AR, big data dan teknologi lainnya. Dengan berkolaborasi aktif Bersama para mitra di seluruh dunia, OPPO akan mewujudkan ekosistem baru layanan cerdas di era konektivitas cerdas.

“Roadmap OPPO untuk tahun 2020 akan fokus di 3 tema besar yakni AI, IoT dan 5G”, tambah Aryo.

Khusus implementasi AI (Artificial Intelligence), OPPO sendiri sudah menghadirkannya di beberapa perangkat sejak 2017 lalu, salah satunya di OPPO F5 dan F7. Di perangkat ini OPPO membenamkan algoritma AI untuk fungsi beautification yang ada di kamera. Kemaampuan AI ini akan mendeteksi karakter wajah dan mengimplementasikan pengaturan secara otomatis untuk menghasilkan efek ‘cantik’ saat selfie.

Bergeser ke bisnis IoT, OPPO memang baru berkecimpung di sektor ini pada tahun 2019. Meski terbilang baru, OPPO terlihat sangat serius untuk mengembangkannya. Seperti pemaparan presentasinya, Aryo menyebutkan bahwa OPPO sendiri sudah menyiapkan beberapa produk yang menjadi langkah awal terjun ke IoT salah satunya dengan mengenalkan True Wireless Stereo (TWS) OPPO Enco Free di Indonesia.

“Untuk produk IoT, OPPO sudah punya Enco Free yang merupakan perangkat TWS dan akan tersedia di pasaran Indonesia”, ungkap Aryo.


Selain itu, OPPO juga punya beberapa produk lain seperti OPPO 5G CPE Omni, OPPO AR Glass, OPPO Watch dan Brenoo Virtual Assistant yang sebelumnya dikenalkan berbarengan dengan peluncuraan Reno2 Series.

Sementara di sektor 5G, OPPO telah melakukan kerjasama dengan beberapa operator seluler dan telah melakukan uji coba teknologi 5G di perangkat OPPO Reno 5G beberapa waktu lalu.

Hanya saja, menurut Aryo, untuk pengembangan 5G sendiri masih terbentur pada regulasi serta pandangan masyarakat. “Kami masih menunggu dari regulator seperti apa peraturannya, dari network sudah sampai mana kesiapannya, kami masih lihat-lihat. Tapi dari sisi perangkat dan ekosistem sendiri, OPPO sudah siap. Satu lagi, edukasi terkait 5G ke masyarakat juga sangat penting untuk memberikan gambaran seperti apa sih 5G itu dan apa saja yang bisa dilakukan dengan 5G”.

Aryo juga menambahkan, yang paling gampang diimplementasikan terkait 5G khususnya kemampuan akses intenet yang super cepat adalah untuk bisnis, terutama untuk kerja. Penyuntingan dokumen secara online dan lain-lain bisa lebih cepat lagi termausk gaming dan streaming video”, pungkas Aryo.

Lebih lanjut soal roadmap 2020, OPPO pun siap menggelontorkan dana invetasi dengan angka yang besar untuk tim riset dan pengembangan secara globl, nilainya tidak tanggung-tanggung yakni sekitar 1,43 miliar US Dolar. (@hairuddin_ali)