pulsa-logo

Resmi Dikenalkan, Realme 6i Usung Prosesor Helio G80 Plus Baterai 5000 mAh


Deni Hardian

Rabu, 18 Maret 2020 • 07:50


Realme 6i Realme 6i

Setelah rumor yang beredar beberapa hari yang lalu, Realme secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya yang masuk dalam keluarga Realme 6 series. Adalah Realme 6i yang merupakan perangkat smartphone terbaru besutan Realme yang hadir dengan fitur dan spesifasi yang sangat menarik dikelasnya.

Dari sektor kinerja, Realme 6i menjadi perangkat smartphone pertama yang mengusung chipset besutan Mediatek generasi terbaru yakni prosesor Helio G80 yang memang ditujukan untuk perangkat smartphone kelas menengah yang gemar melakukan aktivitas berat seperti gaming maupun aktivitas fotografi.

Helio G80 sendiri memiliki konfigurasi dua prosesor dimana prosesor utama bertenaga dual-core 2.0GHz Cortex A75. Sementara untuk prosesor kedua memiliki jumlah inti Hexa-core 1,8 Ghz Cortex-A55. Prosesor yang tertanam ini juga ditemani dengan grafis ARM Mali-G52 2EEMC2.

Tersedia dalam 2 versi RAM dan memory internal, Realme 6i hadir dengan opsi RAM 3GB/64GB dan RAM 4GB/128GB. Tertanam pula slot kartu microSD yang bisa dimaksimalkan pengguna hingga 256GB sebagai media penyimpan file foto, video ataupun berkas penting lainnya. Tak hanya itu, sesuai dengan rumor sebelumnya, perangkat ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh yang dipadankan dengan fitur pengisian baterai cepat 18W. Sementara untuk media pengisi daya, Realme menyematkan port USB-C untuk proses pengisian daya yang lebih baik.

Beralih ke sektor antarmuka, Realme 6i telah membenamkan panel layar IPS berdimensi 6,5 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dengan aspek rasio 20:9 serta poni mungil yang tersemat di bagian atas yang membenamkan kamera selfie di dalamnya. Tak hanya sampai disitu, layar yang tertanam juga sudah dibekali dengan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Lanjut ke sektor fotografi, meskipun smartphone ini lebih ditujukan untuk pengguna yang gemar bermain game, namun Realme tidak setengah-setengah membekali perangkat ini dengan fitur kamera yang mumpuni.


Mengusung konfigurasi empat kamera belakang, kamera utama pada Realme 6i memiliki resolusi 48 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.8 serta tambahan fitur PDAF, lampu flash LED serta kemampuan merekam video beresolusi 1080p pada kecepatan 30 frame perdetik. Kamera kedua yang tertanam memiliki resolusi 8 megapiksel untuk menghasilkan foto dengan sudut lebar hingga 119°. Sedangkan kamera ketiga yang tertanam memiliki resolusi 2 megapiksel untuk menghasilkan foto makro dan kamera keempat memiliki resolusi 2 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.4  untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Sementara untuk kamera depannya, Realme 6i yang menyematkan kamera depan pada poni mungil di bagian atas layar memiliki resolusi 16 megapiksel.

Sisi keamanan perangkat ini, Realme telah menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang perangkat serta sensor pemindai wajah dengan menggunakan kamera depan.

Untuk desainnya, Realme 6i didesain oleh Naoto Fukusawa dengan menghadirkan 2 pilihan warna yang sangat menawan yakni White Milk dan Green Tea.

Soal harga, Realme 6i dengan varian RAM 3GB/64GB dibanderol dengan harga $180 atau setara dengan Rp2,7 jutaan dan untuk versi RAM 4GB/128GB dipatok dengan harga $215 atau setingkat dengan Rp3,2 jutaan.

Untuk penjualan perdananya, Realme memasarkan perangkat ini pertama kali untuk pasar ponsel Myanmar pada tanggal 26 Maret 2020 mendatang. Untuk pasar global termasuk pasar ponsel tanah air belum diketahui kapan perangkat ini akan disebarkan.

sumber https://www.gsmarena.com/realme_6i_specs_price_sale_date-news-42050.php